by

Proses Pembuatan Animasi Kartun 3D “Nussa dan Rara” Karya Anak Bangsa

Senayanews – Sekarang ini siapa yang tidak tau serial kartu ‘Nussa dan Rara’, yang baru baru ini mencuri perhatian banyak orang khususnya Indonesia. Tepatnya pada 8 November awal diunggahnya teaser ‘Nussa dan Rara’ di dalam chanel youtube.

Animasi asli buatan Indonesia ini langsung mencuri perhatian publik tanah air. Ceritanya yang sangat apik dan menarik membuat siapapun menyukai serial kartu ini, serta konten cerita edukatif yang mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari kakak beradik yang selalu menerapkan ajaran islami membuat serial kartu ini banyak di gemari semua kalangan. kualitasnya pun tak kalah dengan serial kartun buatan rumah reproduksi Hollywood.

Pasti banyak yang penasaran bagaimana sih cara dan proses pembuatan animasi ini, sehingga animasi ini bisa menjadi sangat menarik dan enak dipandang mata. Nah yuk kita simak perjalanan dan proses pembuatanya.

Baca Juga : Nasib Iklan Blackpink yang Dianggap Terlalu Seksi

Seiring majunya perkembangan teknologi yang canggih, proses pembuatan animasi ini pun dilakukan dengan software khusus editing. Berbeda dengan animasi terdahulu yang masih digarap dengan cara manual. cara ini dilakukan tentunya untuk mempermudah creator untuk menciptakan animasi yang diinginkan.

Ada beberapa tenik yang digunakan dalam pembuatan sebuah animasi, di antaranya yang umum  ada 10 teknik yaitu animasi cel, animasi frame, animasi sprite, animasi path, animasi spline, animasi vector, animasi clay, morphing, animasi digital, dan animasi karakter atau 3D.

Animasi 3D merupakan perkembangan dari animasi 2D, yang mana di dalam aniamsi 3D karakter yang ditampilkan terlihat lebih nyata seperti wujud aslinya. Sementara kebanyakan rumah produksi menggunakan teknik computer generated imagery (CGI).

Baca Juga : 7 Jurus Jitu Move Dari Si Doi

Terus teknik mana yang digunakan di dalam animasi ‘Nussa dan Rara”.? teknik yang digunakan didalam serial kartun ‘Nussa dan Rara’ adalah animasi karekter. animasi 3 dimensi yang biasanya digunakan dalam pembuatan animasi karakter, atau yang lebih dikenal orang-oang sebagai aniamsi 3D.

Proses pembuatanya ada tahapan yang dilakukan untuk menyelesaikan animasi ini, yang pertama yaitu proses manual, yaitu dengan menggambar sketsa model yang kemudian dilakukan proses scan. Meski proses awalnya menggunakan teknik manual, proses pembuatan animasi ini sangat mengandalkan komputer.

Sementara pembuatan objek yang dilakukan di computer menggunakan software 3D dealing and animation, seperti Maya Unlimited, 3DS Max dan masih banyak lagi. Kemudian dilakukan editing video, serta penambahan special efek dan suaran dubbing menggunakan software berbeda. yang mana karakter Nussa sendiri di dubbing oleh Muzzaki Ramadhan dan karakter Rara diisi oleh Aysha Ocean Fajar.

Teknologi yang menunjang dalam proses penegerjaan animasi ini sangat di butuhkan, selain ide dan konsepnya sendiri agar menghasilkan sebuah animasi dan karya yang berkualitas. Hingga kini karya yang di produksi oleh The Little Giantz Yang Berkolaborai dengan 4 Stripe Production ini, setiap episodenya selalu menjadi trending topik di media social, khususnya di You Tube.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed