by

Tips Mendaki Saat Musim Hujan

SENAYANEWS – Mendaki gunung memang sebuah kegiatan yang menarik sekaligus menantang bagi anda, pengemar kegiatan outdoor. Hasrat untuk mendaki bisa muncul kapan saja, dimasa saja bahkan pada siapa saja.

Lalu bagaimana jika keinginan itu muncul pada saat hujan?

Mendaki gunung pada musim kemarau sudah biasa, namun bagaimana jika mendaki gunung dilakukan saat memasuki musim penghujan seperti saat ini?

Tentu ini menjadi tantangan tersendiri dong. Mendaki gunung pada musim hujan tentu butuh persiapan khusus. Bagi anda yang berencana ingin mendaki dalam waktu dekat, tak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips yang telah kami rangkum untuk anda :

Baca juga : 7 Tantangan Generasi Milenial

  1. Persiapan Lebih Matang

Mendaki saat musim hujan butuh persiapan yang lebih matang. Terutama persiapan fisik. Jangan sampai otot-otot anda kram karena kedinginan. Latih juga kekuatan kaki anda agar tidak mudah tergelincir saat melewati medan yang licin. Gunakan sepatu khusus untuk mendaki. Hal ini terdengar sepele namun penting untuk diperhatikan saat mendaki pada musim hujan. Usahakan anda melakukan olahraga ringan seperti jogging, renang, bersepeda, dan squat  secara rutin minimal selama seminggu sebelum berangkat. Hal itu akan membantu fisik anda lebih kuat dan tidak mudah lelah.

  1. Koordinasi Dengan Anggota Kelompok atau Rombongan

Jangan pernah mendaki gunung secara solo atau seorang diri. Karena kita tidak tau apa yang akan terjadi di atas sana. Lebih baik anda mendaki secara berkelompok. Hal ini akan menambah keyakinan dan rasa percaya diri untuk bisa sampai di puncak. Usahakan jarak antar anggota kelompok tidak terlalu jauh. Jangan paksakan diri anda ketika anda mulai merasa lelah. Anda harus selalu berkoordinasi dengan kelompok anda saat ingin mengambil keputusan.

  1. Cek Kelengkapan dan Kondisi Tenda

Sebelum berangkat, jangan lupa teliti kembali perlengkapan tenda anda. Badai di atas gunung bisa jadi merusak tenda yang anda dirikan karena kondisi tenda tidak prima. Coba cek kembali, apakah ada bagian tenda yang robek. Pastikan rangka tenda tidak ada yang retak dan jumlah pasak tenda tidak boleh kurang serta pastikan pasak tenda mampu menancap ditanah dengan kuat.

Baca juga : 7 Jurus Jitu Move Dari Si Doi

  1. Cek Perlengkapan yang akan Dibawa

Saat mendaki pada musim hujan, anda harus lebih memperhatikan perlengkapan yang akan anda bawa. Ponco atau mantel jangan sampai tertinggal. Selain untuk melindungi diri anda dari air hujan, mantel juga berfungsi sebagai bivak atau tenda semetara untuk anda beristirahat di tengah perjalanan pendakian. Lapisi juga carrier anda dengan raincover agar barang bawaan anda tidak basah atau kotor. Bawalah makanan secukupnya. Usahakan membawa makanan ringan namun bernutrisi seperti roti dan olahan gandum.

  1. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Jika anda merasa lelah, hindari istirahat di padang/sabana luas dan hindari beristirahat di bawah pohon yang tinggi. Karena kedua hal tersebut rawan terkena petir. Beristirahatlah di tempat yang aman dan tidak menghantar listrik. Hindari juga bersentuhan dengan benda-benda logam dan benda yang mampu menangkap gelombang, seperti ponsel, HT, dan radio.

  1. Perhatikan Pakaian yang Akan Anda Kenakan

Kenakan jenis pakaian yang mudah kering dan ringan. Pakaian sejenis ini sangat bermanfaat. Selain cepat kering dan ringan, pakaian ini juga nggak makan tempat terlalu banyak. Siapkan juga pakaian cadangan secukupnya termasuk juga kaos kaki, sampai pakaian dalam. Jangan coba-coba membawa pakaian jenis jeans. Selain berat, jeans juga lama keringnya.

Baca juga : Buat Para Jomblo, Ini 8 Cara Jitu Kamu Dapat Pasangan

Tips terakhir, jaga suhu tubuh anda agar tetap hangat. Suhu di gunung bisa semakin rendah saat diguyur hujan. Sangan sampai tubuh anda terkena hipotermia. Bawalah makanan yang berkalori tinggi agar suhu tubuh anda tetap normal.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed