oleh

Penjelasan Menelan Permen Karet Bagi Kesehatan

SENAYANEWS – Hemmm permen karet!! orang mana yang tak suka makan permen karet?

Rasanya yang enak dan bisa dinikmati ketika bersantai, membuat banyak orang menyukainya. Permen karet memang banyak disukai semua orang dan hampir di segala usia. Permen karet  sekarang hadir dengan berbagai variasi banyak rasa, manis, dan berwarna-warni, sehingga membuat siapapun orang yang melihatnya pasti akan tertarik dan ingin membelinya.

Nah, teman-teman, apakah menelan permen karet berbahaya untuk kesehatan kita? ataupun ada efek sampingnya?

Seringkali orang tua kita selalu mengingatkan untuk berhati-hati ketika kita sedang asyik makan permen karet. Terkadang karena asyiknya makan permen karet, tanpa sengaja malah menelan permen karet tersebut. Teman-teman tidak perlu panik jika tidak sengaja menelan permen karet. Permen karet sebenarnya memang tidak berbahaya untuk tubuh jika kita tak sengaja menelanya. Permen karet tetap akan diproses di dalam perut oleh usus, kok.

Baca juga : Tips Mendaki Saat Musim Hujan

Tetapi kebanyakan dari kita pasti akan langsung panik ketika mengalami hal semacam ini. Bahkan kita akan berusaha untuk mengorek tenggorokan untuk bisa mengambil permen karet yang sudah tertelan atau berusaha minum air putih sebanyak-banyaknya agar bisa permen karet yang tertelan langsung keluar melalui fases kita. Namun, perlu di ketahui semua itu membutuhkan proses dan waktu beberapa hari.

Permen karet yang tak sengaja tertelan tersebut tetap akan bisa keluar melewati saluran pencernaan dan menjadi feses. namun hal seperti itu tak serta merta membuat temen-temen sengaja menelan permen karet dalam jumlah banyak, karena jika sering menelan permen karet dalam jumlah banyak bisa saja bisa menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Itulah sebabnya, permen karet biasanya dilarang untuk di konsumsi bagi anak yang masih kecil.

Lalu, apa cara yang tepat ketika tidak sengaja menelan permen karet? Hal pertama yang harus dilakukan tidak perlu panik.

Baca juga : 9 Tips Untuk Para Entrepeneur Muda

Perlu diketahuin bahwa Permen karet terbuat atau di produksi dari getah pohon karet yang dicampur dengan pemanis, pewarna, dan perasa makanan. Yang sebenarnya jika permen itu sengaja tertelan tak ada efek samping yang kita alami. Namun perasaan tak nyaman ketika tiba-tiba tak sengaja menelan permen karet pasti akan terjadi.

Banyak-banyak minum air putih akan sedikit meringankan rasa tidak nyaman pada tenggorokan. Hal seperti ini bukanlah masalah serius, jadi kita tak perlu terburu-buru untuk di bawa ke dokter. Tapi, jika ada efek yang mungkin dirasakan selanjutnya, bisa lansung memeriksakan ke dokter atau ke klinik terdekat.

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga : Penjelasan Menelan Permen Karet Bagi Kesehatan […]

trackback

[…] Baca juga: Penjelasan Menelan Permen Karet Bagi Kesehatan […]