oleh

Mengenal Bentuk Sumber Pendanaan Startup Non Perbankan

Startup adalah perusahaan rintisan yang belum lama berjalan atau sedang berkembang. Sebagai sebuah usaha rintisan, tentu saja startup sangat membutuhkan pendanaan tertentu untuk bisa lebih berkembang.

Berikut sumber untuk mendanai startup tanpa harus ke perbankan seperti dikutip

 

  1. Modal Ventura

Modal ventura adalah jenis perusahaan ekuitas swasta yang bersedia berinvestasi di perusahaan pemula atau startup. Perusahaan-perusahaan Modal Ventura biasanya mencari pengembalian uang yang diinvestasikan dalam jangka waktu tertentu. Adapun contoh dari perusahaan modal ventura yang sudah mapan seperti Astra Vitra Venture, YCAB Venture, dan Accel Partners.

 

  1. investor Angel

investor hampir berlawanan dibandingkan dengan perusahaan Capital Ventura. Angel investor bisa seorang pengusaha, investor berpengalaman atau anggota dewan dari perusahaan ternama yang tertarik pada startup tersebut. Umumnya ketertarikan tersebut dikarenakan produknya diterima dipublik dan banyak media yang meliputnya.

 

  1. Crowdfunding

Crowdfunding adalah cara lain untuk pendanaan startup. Crowdfunding bentuk pendanaan usaha yang berasal dari beberapa pemilik modal yang tertarik pada startup. Startup yang dijalankan seorang wirausahawan atau sekelompok orang dapat mencari sejumlah dana yang cukup besar dengan menghadirkan rencana bisnis/business plan yang sesuai dengan persyaratan.

 

  1. Mitra strategis

Mitra strategis adalah perusahaan yang memberi dukungan finansial kepada perusahaan skala kecil. Mitra strategis melakukan investasi sejumlah dana dalam bisnis yang diperlukan untuk memenuhi tujuan. Bergabungnya Startup dengan mitra strategis, maka bisa memperoleh pendanaan dari perusahaan mitra tersebut.

Founder startup harus menemukan formulasi bisnis yang tepat sesuai dengan sumber pendanaan yang ada. Proses selanjutnya jika startup berkembang dengan bagus akan muncul pendanaan lanjutan seperti pendanaan seri B, seri C, dan seterusnya.

Jika terus berkembang valuasi perusahaan akan berkembang sesuai dengan pendanaan yang diperoleh seperti dikenal startup Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Perjalanan GOJEK Start Up Rintisan Nadiem Makariem - Senaya News Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Mengenal Bentuk Sumber Pendanaan Startup Non Perbankan […]