oleh

Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Terima Ratusan Berkas Pendaftar dari Berbagai Kalangan

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Komisi Pemberantasan Korupsi telah menjadwalkan pendaftaran capim KPK sejak 17 Juni – 4 Juli 2019. Hendardi panitia seleksi calon pimpinan KPK menyampaikan hingga hari ini sudah 133 orang mengajukan diri menjadi capim KPK. Hendardi memperkirakan pendaftar masih akan terus bertambah sampai besok Kamis (4/7/19) hari terakhir pendaftaran.

“Sampai sejauh ini, laporan masuk ada 133 pendaftar. Seperti dugaan kami, pada hari-hari terakhir jumlah pendaftar meningkat,” kata Hendardi di Gedung Utama Sekneg, Jakarta, Selasa (2/7/19).

Dari 133 pendaftar, ada 29 orang berlatar belakang advokat. Selain itu, 5 orang dari Polri dan 6 orang berlatar belakang jaksa dan hakim. Sementara itu tercatat 25 orang pendaftar berasal dari dosen, 15 orang dari korporasi, dan 3 orang auditor.Sejauh ini belum ada satu pendaftar dari pihak internal KPK.

Pasca penutupan pendaftaran, Pansel akan melakukan sejumlah tahapan seleksi terhadap calon pimpinan KPK. Tahapan tersebut meliputi uji kompetensi objektif tes, makalah, hingga assessment, termasuk juga uji kelayakan yang akan dilakukan oleh DPR.

Sebelumnya Senin (1/7/19) Ketua panitia seleksi (Pansel) capim KPK, Yenti Ganarsih mendatangi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT). Pansel meminta BNPT menelusuri rekam jejak calon pimpinan KPK, berkaitan dengan paham radikalisme.

Sampai saat ini, Pansel masih dalam tahapan diskusi dengan beberapa instansi terkait, seperti KPK, Polri, Kejaksaan Agung, Media, dan pihak lainnya untuk menelusuri latarbelakang nama – nama dari setiap calon pimpinan KPK.

3
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Terima Ratusan Berkas Pendaftar dari Berbagai Kalangan […]

trackback

[…] Baca Juga : Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Terima Ratusan Berkas Pendaftar dari Berbagai Kalangan […]

trackback

… [Trackback]

[…] Info to that Topic: senayanews.com/2019/06/panitia-seleksi-calon-pimpinan-kpk-terima-ratusan-berkas-pendaftar-dari-berbagai-kalangan/ […]