oleh

Waspada ! Pasca Erupsi, Gunung Tangkuban Perahu Berstatus Level 1

BANDUNG, SENAYANEWS.com – Pasca erupsi, status Gunung Tangkuban Perahu turun menjadi level 1. Sebelumnya, Jumat (26/07/19) Gunung Tangkuban Perahu mengalami erupsi pukul 15.48 WIB. Kejadian erupsi Gunung Tangkuban Parahu sempat membuat pedagang dan pengunjung dan warga  sekitar Kawah Ratu panik dan semrawut untuk menyelematkan diri.

Deden Kepala Basarnas Jawa Barat menghimbau untuk tetap waspada dan siap siaga atas terjadinya erupsi Gunung Tangkuban Perahu.

“Mengantisipasi ini, Kantor SAR Bandung meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, bilamana ada hal yang tidak diinginkan, Kantor SAR Bandung sudah siap menolong,” kata Kepala Basarnas Jawa Barat, Deden Ridwansyah melalui keterangan tertulis.

Selain itu, kata Deden, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) sebagai pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu. Mereka evakuasi para pengunjung dan juga masyarakat sekitar.

Tangkuban Perahu pasca erupsi, Jumat (26/7). foto: Radar Bandung

Kasbani Kepala PVMBG turut memberikan gambaran kondisi Gunung Tangkuban Perahu pasca erupsi.

“Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada Status Level I (Normal),” ungkap Kepala PVMBG, Kasbani.

Ia mengatakan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan.

“Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 mm dan durasi ± 5 menit 30 detik,” tambahnya.

Sabtu (28/7/19), kondisi Gunung Tangkuban Perahu masih berpotensi keluar dari titik erupsi dengan bantuan hembusan asap. Oleh karenanya masyarakat dilarang mendekati Kawah Ratu dan Kawah Upas dengan radius 500 meter.

Editor : Sofan

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of