oleh

6 Tersangka Kasus Dugaan Impor Bawang Putih Ditahan KPK

JAKARTA, SENAYANEWS.com– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan 6 orang  tersangka  kasus dugaan suap izin impor bawang putih yang melibatkan satu orang anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Dhamantra.

Sekarang I Nyoman Dhamantra ditahan di Rutan Polres Metro Jakarta Timur, Mirawati Basri dan Elviyanto ditahan Rutan Klas I Cabang KPK. Sedangkan Doddy Wahyudi dan Zulfikar ditahan di Rutan Cabang KPK di Pomdam Jaya Guntur

Agus Rahardjo selaku ketua KPK menyebut, operasi  ini dilakukan setelah pihaknya mendapatkan informasi akan terjadi transaksi suap yang berkaitan dengan Pengurusan Kuota dan Izin Impor Bawang Putih untuk tahun 2019.

Baca juga: KPK : OTT 11 Orang Terkait Impor Bawang Putih

Saat melakukan pengamanan ,  KPK menemukan juga  uang sebesar S$ 50 ribu, dan  kemudian mengamankan DDW, CSU, serta  LSK di sebuah Hotel yang ada di Jakarta Barat.” Terang Agus.

Dalam Penyilidikan, Dhamantra diduga meminta fee Rp 3,6 miliar dan Rp 1.700-1.800 tiap kg lewat Mirawati untuk mengurus izin kuota 20 ton bawang putih. Suap itu diduga berasal dari Chandry dan Doddy.

Chandry dan Doddy  bekerja sama untuk mengurus izin impor bawang putih untuk tahun 2019. Sementara Doddy diduga menawarkan bantuan dan menyampaikan memiliki ‘jalur lain’ untuk mengurus Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dari Kementerian Pertanian dan SPI dari Kementerian Perdagangan.

Baca juga: Startup Indonesia Besar Karena Investasi Asing

Agus menyebut Doddy berkenalan dengan Zulfikar memiliki kolega yang dianggap berpengaruh untuk pengurusan izin tersebut. Zulfikar juga  disebut memiliki koneksi dengan Mirawati Basri dan Elviyanto yang diketahui dekat dengan Dhamantra  Anggota Komisi VI DPR RI.

Dalam kasus dugaan suap impor bawang putih ini, ada enam orang yang ditetapkan KPK sebagai tersangka, yaitu

Tersangka pemberi:

1. CSU alias Afung (Chandry Suanda) pemilik PT Cahaya Sakti Agro

2. DDW (Doddy Wahyudi) swasta

3. ZFK (Zulfikar) swasta

Tersangka penerima:

1. INY (I Nyoman Dhamantra) Anggota DPR 2014-2019

2. MBS (Mirawati Basri) orang kepercayaan INY

3. ELV (Elviyanto) swasta

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of