oleh

Apa Itu Digital Printing ?

SENAYANEWS.com – Pemahaman tentang dunia percetakan masih minim untuk orang awam, namun teknologi mesin percetakan semakin canggih, banyak juga pemahaman tentang keuntungan dan kerugian antara menggunakan cara percetakan digital press dengan percetakan offset, sangat penting untuk menentukan pilihan yang tepat dan cermat karena proses digital printing ini tidak memerlukan pelat dan film sehingga harganya tidak di ukur dari bahan tersebut, dan mungkin harus diketahui digital printing terhitung lebih murah dari percetakan offset untuk percetakan dengan volume sedikit. percetakan dengan print digital ini dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat cepat.

Percetakan digital atau digital printing merupakan metode percetakan yang menggunakan mesin berteknologi digital sehingga memungkinkan terjadinya proses percetakan langsung pada media cetak yang digunakan. Percetakan berbasis digital ini merupakan teknologi cetak yang menerima data cetak elektronik dan menggunakan titik (dot) untuk replikasinya. Dengan kata lain, digital printing merupakan teknologi cetak yang memanfaatkan komputer sebagai penerima data cetaknya dan memanfaatkan prinsip titik dalam proses cetaknya. Di mana, gambar pada media cetak, baik itu kertas, tekstil, plastic, dan lain-lain,  tersusun dari kumpulan titik-titik.

Baca juga : Mengenal Makna Kata Dalam Dunia Percetakan

Digital printing merupakan sebuah hasil pengembangan dari metode percetakan konvensional yang menggunakan mesin cetak offset dan juga sablon (screen printing). Kehadiran digital printing  tentu menjadi sebuah jawaban bagi kebutuhan percetakan saat ini, di mana segala sesuatu dituntut untuk serba instan.

Ya, bagaimana tidak? Dengan adanya teknologi  printing, kita tidak perlu lagi melakukan proses pra cetak seperti pada mesin offset dan sablonDimana, kita harus membuah film, plat cetak, dan juga afdruk screen(sablon). Digital  printing jelas memberikan waktu proses cetak yang jauh lebih singkat dibandingkan mesin cetak offset. Untuk lebih mudahnya bisa dilihat dengan penjelasan di bawah ini :

  • Offset Printing : File Gambar > Film / CTP (Computer to Plate) / Plate + Mesin > Media
  • Screen Printing : File Gambar > Film / Kalkir > Screen + Media
  • Digital Printing : File Gambar > Mesin > Media

Namun, tetap saja, kehadiran digital printing sendiri tidak lepas dari perkembangan kedua jenis metode cetak lainnya yaitu offset dan screen printing.

Baca juga : Jenis – Jenis Mesin dalam Industri Percetakan

Jika dikelompokkan menjadi 2 kelompok besar, maka ada 2 jenis perkembangan dalam dunia percetakan. Jenis yang pertama adalah static printing, yang merupakan proses penggandaan informasi yang sama dan hanya menghasilkan cetakan dalam jumlah besar. Untuk mengubah satu informasi kecil pada hasil cetak dibutuhkan usaha yang cukup besar. Dalam hal ini kita mengacu pada metode printing offset.

Jenis yang kedua adalah dynamic printing. Dengan jenis ini, proses produksi informasi dapat berubah-ubah dalam setiap lembaran cetakan.  Jenis printing ini mengacu pada percetakan sejenis mesin fotokopi yang dapat menggandakan informasi yang berbeda-beda pada lembaran kertas tergantung pada informasi apa yang ingin kita gandakan. Namun jika ditarik lebih jauh, konsep dynamic printing ini banyak ditemukan pada teknologi digital printing.

Baca juga : 80 Juta Unit iPhone 11 Siap Diluncurkan oleh Apple

Kelebihan Digital Printing :

  • Waktu Produksi Jauh Lebih Cepat
  • Bisa Mencetak / Print jumlah sesuai keinginan ( Print On Demand ), tanpa harus ada Minimal Order, bahkan untuk mencetak dalam satuan.
  • Proses Produksi Mencetak lebih Ringkas, dan Hasil Cetak / Print bisa langsung kelihatan.
  • Tenaga Kerja yang lebih sedikit karena Proses Produksi yang lebih sedikit.
  • Proses Kerja yang tidak Rumit, sehingga mudah dilakukan meski oleh Pemula dalam Bisnis Digital Printing.

Kekurangan Bisnis Digital Printing :

  • Dalam Hitungan Satuan Cost Produksi lebih tinggi dibanding Percetakan Offset / Sablon.
  • Alur Kerja yang cukup Mudah, Ringkas dan Sederhana membuat banyak Pelaku Usaha yang melirik Bisnis Digital Printing ini sehingga memunculkan Persaingan yang cukup tinggi di Bidang ini.

Jenis Jenis Digital Printing berdasarkan Mesin yang ada :

  • Large Format Digital Printing , menggunakan Mesin Printer yang memiliki Ukuran Besar, untuk Mencetak / Print Banner, Spanduk, Umbul Umbul, Baliho, Billboard, Neon Box, Sticker Vinyl, Sticker One way, Canvas, Kain, dll.
  • Digital Offset Printing, merupakan Mesin Printer Digital yang bisa mencetak / print di Kertas HVS, Art Paper, Matte Paper, Fancy, Duplek, Ivory, dll. Merupakan Solusi terbaik mencetak jumlah satuan / sedikit yang tidak bisa dijangkau oleh Mesin Percetakan Offset.
  • Screen Digital Printing / Sablon Digital untuk Kaos, merupakan Mesin Sablon Kaos Digital yang bisa langsung Mencetak di Kain Kaos tersebut dan hasil nya lebih Bagus dibanding Sablon Konvensional.
  • Mug / Keramik Printing, Mesin Print untuk Gelas Mug, Keramik, yang menghasilkan Cetakan Gambar di Media Mug dan Keramik.
  • dan Masih banyak Lagi Jenis Digital Printing yang ada, yang akan terus bertambah Variasi dan kegunaannya seiring dengan Perkembangan dunia Digital Printing.

Dari penjelasan di atas jelas terlihat bahwa digital printing memiliki konsep yang lebih praktis. Selain proses cetak yang cepat, digital printing dapat mencetak file sesuai dengan keinginan kita tanpa minimal jumlah cetak. Selain itu, hasil cetak pada digital printing dapat langsung terlihat. Proses percetakannya pun lebih ringkas sehingga mudah bagi kita untuk mempelajari dan menggunakannya. Selain itu, tidak diperlukan banyak orang untuk percetakan digital ini. Tidak heran jika saat ini metode offset printing dan screen printing mulai ditinggalkan dan beralih kepada digital printing.

(Dari berbagai sumber)

4
Leave a Reply

avatar
4 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] SENAYANEWS.com – Otoritas Theran memamerkan drone penyerang dan pengintai terbaru. Drone yang didorong jet ini diklaim mampu menemukan dan menyerang target dari jarak jauh, tepatnya dari perbatasan Iran, dengan akurasi tinggi. […]

trackback

[…] Baca juga : Mengenal Makna Kata Dalam Dunia Percetakan […]

trackback

[…] Baca juga : Mengenal Makna Kata Dalam Dunia Percetakan […]

trackback

[…] Baca juga : Mengenal Makna Kata Dalam Dunia Percetakan […]