oleh

Di Hari ke 2 Kongres, PDIP Telah Membahas 5 Komisi

DENPASAR, SENAYANEWS.com – Kongres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah memasuki hari ke 2 di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur. Jumat, (09/08/19). Hari ini agendanya adalah pembahasan lima komisi dan dua sub komisi.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan ada lima komisi yang melakukan sidang. Di antaranya Komisi I tentang ideologi dan trisaksi. Komisi II tentang politik legislasi, anggaran, dan pengawasan. Komisi III adalah kebudayaan, komisi IV tentang pemenangan pemilu, dan komisi V tentang tata kelola partai.

“Komisi I adalah komisi tentang ideologi dan Trisakti. Komisi II adalah komisi tentang politik dan legislasi, baik itu legislasi untuk anggaran, pengawasan, maupun kebijakan. Agar semuanya garis ideologi partai,” kata Ketua Steering Committee Kongres V PDIP Djarot Saiful Hidayat di Grand Inna Bali Beach Hotel, Denpasar, Bali, Rabu (07/08/19).

Baca juga: Gelar Kongres di Bali, PDIP Gelontorkan Dana Rp 17,6 Miliar

“Komisi III tentang kebudayaan, kita angkat khusus di sini. Bagaimana rekomendasi kita tentang kebudayaan Indonesia, strategi kebudayaan kita seperti apa, gambaran sampai tahun 2030-2050 seperti apa,” jelas Djarot.

“Komisi IV tentang Pemilu. Karena tahun 2020 kita akan menghadapi pilkada serentak di 270 kabupaten/kota, karenanya dipersiapkan khusus untuk itu. Makanya ini merupakan puncak konsolidasi organisasi kita. Makanya, PDI Perjuangan akan siap dalam Pilkada 2020, dengan target meraih kemenangan di 60 persen,” imbuhnya.

Baca juga: 6 Tersangka Kasus Dugaan Impor Bawang Putih Ditahan KPK

Komisi V, akan membahas tata kelola partai.

Menurut Djarot, PDIP akan beradaptasi menjadi partai modern yang memberikan konten anak muda untuk menyongsong para pemilih pemula di Pemilu 2024.

Karena kita sadar betul 2024 puncak regenerasi menyeluruh, sehingga ada 70 persen pemilihnya muda. Karena itu, partai harus beradaptasi menjadi partai yang modern yang memberikan konten untuk anak muda kita, tentang arah perjuangan bangsa ini, terang Djarot.

Selain 5 komisi tersebut, masih ada 2 sub komisi yakni Komisi Rehabilitasi dan Komisi Kepala Daerah. Khusus rehabilitasi, menurut Hasto sudah dibahas,  Kamis kemarin, (08/08/09) malam.

Sementara terkait struktur kepengurusan baru DPP PDIP periode 2019-2024, akan diumumkan Megawati pada Sabtu, (10/08/19).

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of