oleh

Ekonomi Global Bergejolak, Sri Mulyani “Antisipasi Pasang Lampu kuning

JAKARTA,SENAYANEW.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan tantangan ekonomi yang berasal global yang kini tengah di hadapi Indonesia. Tantangan tersebut berupa pelemahan ekonomi global.

“Tantangan eksternal, apa yang kita perhatikan dalam ekonomi dunia, apakah itu proyeksi ekonomi dunia melemah bahkan beberapa kata disebut resesi,” kata Sri Mulyani dalam Seminar Nasional Nota Keuangan RAPBN 2020 di Kompleks MPR-DPR Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/19). 

“Resesi itu merefleksikan bahwa perekonomian akan mengalami kontraksi dua kuartal berturut-turut dan beberapa negara yang cukup penting di dunia sudah memasuki kontraksi,” sambungnya.

Baca Juga : Perang Dagang Kian Tekan Ekonomi China, Siapa yang untung?

Beberapa negara tengah mengalami kontraksi ekonominya seperti Jerman dan Singapura. Sementara, beberapa negara di Amerika Latin sudah jatuh krisis.

“Jerman barat, Singapura negara tetangga kita. Kita bicara di Latin Amerika yang besar-besar, Argentina yang sedang masa krisis, Meksiko dan Brasil yang baru saja memilih presidennya sekarang mereka dalam situasi cukup sulit,” ujarnya.

Baca Juga : OJK Sebut Perang Dagang Sebabkan Perlambatan Ekonomi Global

Pelemahan ekonomi global itu mesti diantisipasi. Terutama, pelemahan dari beberapa negara di wilayah Amerika Latin, Eropa, dan di Asia sendiri, termasuk Indonesia.

“Oleh karena itu, tantangan eksternal pelemahan ekonomi dunia terutama digarisbawahi oleh beberapa zona tadi seperti Amerika Latin, Eropa yang mengalami berbagai macam cobaan,” ungkapnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of