oleh

Fix Pindah ! Jokowi Tegaskan Alasan Pindah Ibu Kota di Pidato Kenegaraan

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Dalam Pidato kenegaraan di sidang Bersama DPD-DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/19), Jokowi menegaskan Ibu Kota akan dipindahkan ke Pulau Kalimantan.

“Pada kesempatan yang bersejarah ini. Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” ucap Jokowi dalam pidatonya Jumat (16/8/19) di Senayan.

Baca juga : Rangkaian Acara Sidang Tahunan MPR 2019

Menurut Jokowi pemindahan ibu kota ke luar jawa merupakan upaya untuk mengurangi ketimpangan antara Jawa dan Luar Jawa. Selama ini, kata Jokowi denyut kegiatan ekonomi secara umum masih terpusat di Jakarta dan Pulau Jawa, sehingga Pulau Jawa menjadi sangat padat dan menciptakan ketimpangan dengan pulau-pulau di luar Jawa.

“Apabila kita membiarkan hal ini berlanjut tanpa ada upaya yang serius, maka ketimpangan akan semakin parah. Untuk itu, rencana pemindahan ibu kota ke Pulau Kalimantan diletakkan dalam konteks ini, sehingga
akan mendorong pertumbuhan ekonomi baru, sekaligus memacu pemerataan dan keadilan ekonomi di luar Jawa,” tutur Jokowi dalam pidato RAPBN dan Nota Keuangan 2020 di Gedung DPR, Jumat (16/8/19).

Sebagai informasi, rencana pemindahan ibu kota berada di kawasan segitiga, yakni Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Timur. Sementara pemerintah pusat sendiri telah menargetkan pemindahan Ibu Kota terealisasi mulai dari tahap ground breaking pada 2021 dan terlaksana pada penghujung tahun 2024.

Baca juga : Zulkifli Hasan Berpantun di Sidang MPR

Selain itu, Jokowi menambahkan, dukungan pendanaan bagi pemindahan ibu kota akan sekecil mungkin menggunakan APBN. Kita dorong partisipasi swasta, BUMN, maupun skema Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of