oleh

Habiburokhman, Ini Alasan di tolaknya gugatan Mulan CS di Majelis Kehormatan Partai Gerindra

JAKARTA, SENAYANEWS.comAnggota Majelis Kehormatan Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan, tidak diterimanya gugatan yang dilayangkan sembilan calon legislatif partainya di majelis Kehormatan dikarenakan memeriksa persoalan lebih melihat pada konteks kualitatif dibanding kuantitatif.

Hal itu disampaikan Habiburokhman saat bersaksi dalam sidang pemeriksaan saksi terkait gugatan perdata sembilan caleg Partai Gerindra di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).

Baca Juga : JK Khawatirkan Resiko Amandemen UUD, Sekjen Nasdem : Jangan Takut

“Di Gerindra memeriksa semua persoalan internal harus melihat anggaran dasarnya, dalam konteks kualitatif bukan kuantitatif, misal soal pelanggaran kode etik, bukan soal perbandingan suara ,” Kata Habiburokhman

Ia juga menjelaskan, yang memiliki wewenang dalam menentukan siapa caleg terpilih dalam partainya adalah Ketua Dewan Pembina, yakni Prabowo Subianto.

Baca Juga : Balas Undangan PDIP : Prabowo Bakal Undang Megawati Rakernas Gerindra

“Tuntutan sembilan caleg ini kepada ketua (Prabowo Subianto) adalah untuk menetapkan mereka sebagai anggota legislatif terpilih. Poin ini enggak bisa diterima karena kita (majelis kehormatan) tidak memiliki wewenang, kewenangan ada di Ketua Dewan Pembina (Prabowo). Tidak pas di level majelis kehormatan, “ ujar Habiburokhman.

Sidang akan dilanjutkan pada hari senin tanggal 26 agustus 2019 terkait pembacaan putusan

Baca Juga : JK Khawatirkan Resiko Amandemen UUD, Gerindra : Sepakat Dengan JK

Sebelumnya, 14 calon anggota legislatif dari Partai Gerindra mengajukan sengketa perdata terhadap partainya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Namun setelah berjalannya prosess pengadilan belakangan ada lima orang caleg dari 14 caleg tersebut yang mencabut gugatannya. Salah satunya adalah keponakan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati. Saat dikonfirmasi, Rahayu mengklarifikasi gugatannya dicabut Senin, 15 Juli 2019. Ia menegaskan gugatan diajukan tanpa sepengetahuan dirinya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of