oleh

Ibu Kota Pindah ke Kaltim

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Ibu Kota Negara Indonesia resmi diumumkan pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Jakarta bakal tak lagi menyandang status sebagai daerah khusus ibu kota (DKI).

“Bisa nanti akan jadi daerah otonom biasa, atau daerah otonomi khusus untuk pertumbuhan bisnis dan ekonomi,” kata Plt Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik saat dihubungi, Selasa (27/8/19).

Baca Juga : Investasi Melorot, INDEF Minta Jokowi Segera Rombak Tim Ekonomi

Akmal mengatakan pihaknya masih mengkaji peralihan status Jakarta. Menurut Akmal, UU yang mengatur DKI Jakarta juga akan berubah.”Betul (masih kajian). Nanti akan di atur dengan UU pengganti UU DKI Jakarta,” ujar dia. Sebelumnya, Jokowi mengatakan, meski ibu kota dipindah, Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis dan perdagangan.

“Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan dan jadi pusat bisnis, perdagangan, jasa berskala regional dan global,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta.

Baca juga : Zulkifli Hasan Minta Jokowi Utamakan Masalah Papua

Jokowi menambahkan usulan dari Pemprov DKI tentang rancangan anggaran untuk pembangunan infrastruktur hingga 2030 sebesar Rp 571 triliun juga tetap dilakukan. “Rencana DKI Jakarta lakukan urban yang dianggarkan Rp 570 triliun tetap dijalankan,” katanya.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of