oleh

JK Khawatirkan Resiko Amandemen UUD, PKS : Ibarat Buka Pandora

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)khawatirkan wacana amendemen UUD 1945 yang memungkinkan presiden akan dipilih oleh MPR. PKS memaklumi kekhawatiran tersebut soal amendemen UUD 1945. Mardani Ali Sera mengibaratkan amendemen UUD 1945 seperti membuka kotak pandora.

“Wajar Pak JK khawatir. Karena ide amendemen seperti membuka kotak pandora,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali, Selasa 13 Agustus 2019.

Mardani juga mengatakan tata negara bisa jadi jungkir balik jika amendemen UUD 1945 tidak diawasi penuh. Mardani bahkan menyinggung porsi partai oposisi yang dinilai lemah.

Baca Juga : JK Khawatirkan Resiko Amandemen UUD, PPP : Amandemen Dilakukan Transparan

“Jika tidak ada mitigasi risiko, ketatanegaraan kita bisa jungkir balik. Apalagi kekuatan #KamiOposisi masih lemah. Semua skenario bisa terjadi. Baik jika semua pihak ikut serta mengawasi ide ini,” tegas Mardani.

Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ungkapkan kekhawatirannya terkait wacana amendemen UUD 1945. Salah satu risikonya, kata JK, bisa saja Presiden kembali dipilih oleh MPR karena MPR adalah lembaga tertinggi negara. “Itu rumit lagi, berisiko. Banyak perubahan yang rakyat belum tentu setuju. Contoh, presiden dipilih MPR karena lembaga tertinggi. Maka dia berhak memilik presiden. Kalau gitu lain lagi soal,” kata JK.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of