oleh

JK Khawatirkan Resiko Amandemen UUD, Sekjen Nasdem : Jangan Takut

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)khawatirkan wacana amendemen UUD 1945 yang memungkinkan presiden akan dipilih oleh MPR. Nasdem menegaskan JK tidak perlu khawatir dengan rencana amandemen tersebut.

“Jangan semua dibuat bayang-bayang takut. Nggak ada risiko itu. Semua berdasarkan kesepakatan politik, selagi semua mengacu pada cita-cita kemerdekaan kenapa mesti takut? Bernegara jangan takut dong,” kata Sekjen NasDem Johnny G Plate, Rabu 14 Agustus 2019.

Johnny mengungkapkan amendemen UUD 1945 dilakukan berdasarkan konsensus politik, maka tidak perlu khawatir. Johnny juga mengatakan amendemen UUD 1945 untuk memastikan tercapainya cita-cita kemerdekaan bangsa.

Baca Juga : JK Khawatir Amandemen UUD 1945 Berpotensi Presiden Dipilih MPR

“Kan kita mau membangun sistem untuk mencapai cita-cita negara. Jangan sampai kita takut demi cita-cita kemerdekaan. Nah, caranya dilakukan dengan cara konstitusional, yaitu musyawarah mufakat di MPR,” jelasnya.

Johnny meminta adanya evaluasi dan kajian mendalam sebelum dilakukannya amandemen UUD 1945.

“Kita sudah melakukan amendemen empat kali setelah reformasi. Nah, sekarang jika mau melakukan amendemen terhadap UUD, maka harus dikaji secara komprehensif terkait evaluasi menyeluruh arah negara dan kehidupan berbangsa,” sebut Johnny.

“Apakah empat kali amendemen ini telah memungkinkan negara berjalan menuju cita-cita kemerdekaan. Apa saja manfaat dan hambatan penyelenggaraan negara selama 20 tahun reformasi? Lalu tantangan ke depan kita dalam geopolitik di dalam negeri maupun global apa saja yang memungkinkan kalau kita melakukan amendemen UUD kita bergerak ke arah cita-cita kemerdekaan. Bukan amendemen sekadar kepentingan jangka pendek dan pragmatis,” tegasnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of