oleh

Jusuf Kalla Meminta Agar Polisi Perlu Jelaskan Peristiwa Kerusuhan Terjadi Malang dan Surabaya

SENAYANEWS.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan pernyataan pers terkait kerusuhan di sejumlah kota di Papua dan Papua Barat, kemarin yang dipicu oleh dugaan persekusi rasis terhadap mahasiswa perantauan asal Papua di Kota Malang dan Surabaya pekan lalu, Jusuf Kalla menjelaskan bahwa apa yang terjadi di Papua saat ini merupakan buntut dari peristiwa di Surabaya dan Malang, pernyataan tersebut disampaikan Jusuf Kalla dalam menanggapi peristiwa kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat, Senin (19/8/19).

Baca Juga : Diduga Rasisme ! Warga dan Mahasiswa Manokwari Melakukan Kerusuhan

“Justru sebenarnya kalau kita lihat ya, dari keterangan polisi, polisi itu mengamankan itu karena mau ada serangan. Tapi serangan itu belum terjadi, tidak terjadi, hanya semacam ramai-ramai dikepung lah, diselamatkan polisi,” ujar Jusuf Kalla, di Kantor Wakil Presiden, Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (19/8/19).

Jusuf Kalla mengatakan, berdasarkan informasi dia dapat, peristiwa penindakan petugas terhadap oknum mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang sebenarnya merupakan tindakan aparat keamanan yang ingin menjalankan tugas dan fungsinya untuk mengamankan situasi, pihak berwenang harus memberikan penjelasan kepada rakyat Papua terkait apa yang menjadi pokok permasalahan.

Baca Juga : Lenis Kogoya Minta Demonstrasi Di Manokwari Tak Disertai Perusakan Fasilitas

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto menyebut aksi di Papua dan Papua Barat dipicu oleh pernyataan negatif dari sejumlah oknum terkait pelecehan Bendera Merah Putih di Jawa Timur.

Semua harus diungkap, kata Jusuf Kalla, untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman lainnya dan meminta agar siapapun oknum yang menjadi pemicu terjadinya aksi tersebut harus segera dicari.

3
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Jusuf Kalla Meminta Agar Polisi Perlu Jelaskan Peristiwa Kerusuhan Terjadi Malang dan Surabaya […]

trackback

[…] Baca Juga : Jusuf Kalla Meminta Agar Polisi Perlu Jelaskan Peristiwa Kerusuhan Terjadi Malang dan Surabaya […]

trackback

[…] Baca juga : Jusuf Kalla Meminta Agar Polisi Perlu Jelaskan Peristiwa Kerusuhan Terjadi Malang dan Surabaya […]