oleh

Kuasa Hukum Wiranto-Kivlan Sepakat Ikuti Mekanisme Mediasi

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Proses gugatan perdata mantan Kepala Staf Kostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zen terhadap mantan Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Wiranto sepakat melakukan mediasi terkait gugatan pembentukan Pam Swakarsa. 

kuasa hukum Kedua belah pihak diberikan waktu selama 30 hari oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) untuk melakukan mediasi. Sesuai Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016.

“Kewajiban majelis untuk mengupayakan perdamaian kedua belah pihak supaya berdamai untuk penyelesaian terbaik atas perkara yang kita hadapi ini,” ujar Hakim Ketua Antonius Simbolon

Baca Juga : Jokowi Sebut Jaksa Agung Dari Non Parpol, Nasdem Masih Berharap

Kesepakatan itu tetapkan dalam persidangan di PN Jaktim, Jalan DR Sumarno, Penggilingan, Jakarta Timur, Kamis (15/8/2019). Pengacara Kivlan yang lebih dulu mengungkapkan keinginan damai.

“Jadi begini yang mulia, Pak Kivlan ingin ada upaya damai,” ujar pengacara Kivlan, Tonin Tachta dalam persidangan. 

Pihak Wiranto kemudian merespons positif keinginan Kivlan tersebut. 

Baca Juga : Habiburokhman, Ini Alasan di tolaknya gugatan Mulan CS di Majelis Kehormatan Partai Gerindra

“Sesuai mekanisme, kita ikuti,” ucap pengacara Wiranto, Adi Warman.

Antonius menyebut, hasil mediasi akan diumumkan dalam sidang berikutnya yang akan digelar pada 26 September 2019 mendatang.

“Kalau mediasi itu berhasil maka kita akan lanjutkan persidangan dengan membuat keputusan akta perdamaian sesuai kedua belah pihak,” kata Antonius.

Namun, bila mediasi tidak membuahkan perdamaian maka sidang akan berlanjut dengan berbagai agenda persidangan di mana pembacaan keputusan dijadwalkan pada 19 Desember 2019 mendatang.

Baca Juga : JK Khawatirkan Resiko Amandemen UUD, PAN : Silahkan Masyarakat Berikan Masukan

Sebelumnya, Kivlan Zen mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum terhadap Wiranto terkait pembentukan Pam Swakarsa pada 1998 yang diperintahkan oleh Wiranto. Saat itu Wiranto menjabat Panglima ABRI (sekarang TNI).





Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of