oleh

Pemerintah Resmi Umumkan penerimaan CPNS Oktober 2019 Dengan 2 Tahap

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Pemerintah resmi mengumumkan jadwal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Dikutip dari siaran pers dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Selasa (30/07/19), seleksi CPNS 2019 dan P3K bakal dimulai pada Oktober 2019.

Kepala Badan Kepegawaian Negara , Bima Haria Wibisana memprediksi peserta seleksi akan mencapai 5,5 juta.

Baca Juga: Negara Rugi! 2 Menteri Layak Di Ganti

Untuk rencana pelaksanaan seleksi ASN pada Oktober 2019 akan dibuka dengan dua jenis pilihan, yakni seleksi CPNS dan P3K Tahap Kedua.

Total kebutuhan ASN nasional 2019 sejumlah 254.173 yang mencakup 100.000 ribu formasi CPNS dan 100.000 formasi P3K Tahap Kedua, dan sisanya sudah dilaksanakan pada seleksi P3K Tahap Pertama.

Terkait CPNS 2019 ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen-PANRB) menerbitkan surat Tentang Pengadaan ASN Tahun 2019 .

Surat bernomor B/617/M.SM.01.00/2019 itu ditandatangani oleh Menteri PANRB, Syafruddin dan diterbitkan pada 17 Mei 2019.

Surat tersebut ditujukan bagi pejabat pembina kepegawaian (PPK) pusat  Sampai daerah daerah.

“Ya pokoknya akan lebih dibuat sistem sedinamis mungkin, sebagus mungkin,” ujarnya saat ditemui di komplek KSP, Jakarta, Selasa (02/07/19)

Pada seleksi CPNS 2019 ini, pemerintah mencari dua kriteria pegawai. Pertama adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa direkrut dan yang terakhir adalah mencari tenaga-tenaga milenial yang menguasai teknologi untuk mengabdi ke Negara

“Paling tidak dua kepentingan, bagaimana kualitas SDM bisa kita rekrut dan tidak menafikan kepentingan-kepentingan individu-individu generasi muda yang akan mengabdi pada negara kita akan perbaiki,” tuturnya.

Selain itu, pemerintah juga akan membuka lowongan di bidang infrastruktur. Mengingat pada tahun ini dan tahun depan pemerintah akan kembali fokus pada pembangunan infrastruktur.

Namun yang pasti lanjut Syafruddin, pada tahun ini pemerintah akan memprioritaskan tenaga ahli dan skill. Sementara tenaga yang sifatnya administratif akan dikurangi formasinya.

“Tetap guru honorer yang lebih diutamakan. Seluruh Indonesia,” ujarnya dalam penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2019 beberapa waktu lalu.

Syafruddin menjelaskan, nantinya lowongan CPNS ini akan dibuka pada paruh kedua tahun ini.

“Itu nanti kuartal ke III-2019. Ya kira-kira Oktoberlah, kuartal ke III itu,” jelasnya.

Namun, ia belum bisa merinci secara detail mengenai pembukaan lowongan CPNS ini.

“100 ribu (formasi) seluruhnya tapi kan belum diatur,” kata dia.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of