oleh

Pemerintah Siapkan Rp 147 Miliar Untuk Beli Mobil Dinas Menteri, PKS Kritik Wacana Tersebut

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Menteri-menteri Presiden Jokowi akan mendapatkan mobil dinas baru. Anggaran untuk pengadaan mobil ini lebih dari Rp 147 miliar.  Sebagaimana dikutip dari laman resmi Sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), Rabu (21/8/2019), pemerintah telah melakukan Pengadaan Kendaraan Menteri Negara/Pejabat Setingkat Menteri. Pengadaan ini sudah dimulai pada 19 Maret 2019 dan kini lelang tender tersebut sudah selesai.

Lelang tender ini menggunakan sistem Pascakualifikasi Satu File Harga Terendah Sistem Gugur. Dengan adanya sistem ini, pemenang lelang ditentukan dengan harga terendah yang memiliki kelengkapan administrasi dan teknis. 

Pemerintah menyiapkan dana pagu sebesar Rp 152.540.300.000 dari APBN. Ada 41 satu peserta yang ikut dalam proses lelang ini. Dari 41 peserta tersebut, hanya empat peserta lelang yang memenuhi kualifikasi administrasi. Beberapa di antaranya PT Agung Automall, PT New Ratna Motor, PT Hadji Kalla, dan PT Astra International Tbk-Tso.

Baca Juga : Cak Imin Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum PKB

Lelang tender ini dimenangi PT Astra International Tbk-Tso dengan harga Rp 147.229.317.000. Masih merujuk laman LPSE, saat ini semua tahapan lelang tender sudah terlewati oleh PT Astra, dari Pembuktian Kualifikasi hingga Penandatanganan Kontrak.

Sementara itu PKS mengkritik anggaran pemerintah senilai Rp 147 miliar untuk pembelian mobil menteri dalam APBN Tahun 2020. Menurut PKS, penggantian mobil untuk para menteri Presiden Jokowi bukan prioritas.

“Belum prioritas. Support untuk kinerja optimal memang syarat. Namun berpikir efisiensi dan ekonomis juga wajib,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera (dok. Istimewa)

Mardani mengatakan kondisi keuangan negara saat ini tidak dalam kondisi baik. Ia pun menilai pengadaan mobil baru tidak mesti harus dengan pembelian. 

“Apalagi kondisi keuangan negara masih berat. Pengadaan mobil baru tidak harus dengan membeli. Bisa untuk lima tahun digunakan leasing yang memudahkan,” ucapnya.

3
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca Juga : Pemerintah Siapkan Rp 147 Miliar Untuk Beli Mobil Dinas Menteri, PKS Kritik Wacana Tersebut […]

trackback

[…] Baca juga : Pemerintah Siapkan Rp 147 Miliar Untuk Beli Mobil Dinas Menteri, PKS Kritik Wacana Tersebut […]

trackback

[…] SENAYANEWS.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donal Trump menyatakan dirinya ingin melihat Iran yang kuat dan menegaskan tidak berupaya mendorong perubahan rezim di Iran. Namun Trump juga menyebut bahwa standar kehidupan untuk warga biasa di Iran tidak bisa diterima.Seperti dilansir Reuters, Senin (26/8/19), komentar terbaru itu diungkapkan oleh Trump kepada wartawan di sela-sela pertemuan G7 yang digelar di Prancis. […]