oleh

PKB Nilai Wajar Jokowi Marah Besar Ke PLN : Kejadian Ini Di Luar Nalar

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding menilai wajar jika Presiden Jokowi marah besar kepada Direksi PT PLN. Karena menurut Karding, mati listrik kali ini sungguh di luar akal sehat.

“Sikap marah dan kesal dari Pak Presiden itu sangat wajar. Saya bisa memaklumi karena pemadaman listrik ini, menurut saya, kejadiannya luar biasa dan sungguh di luar nalar akal sehat kita,” ujar Karding kepada wartawan, Senin (5/8/2019) malam.

Ia juga mengatakan bahwa PLN seharusnya memiliki planning dalam mengantisipasi hal semcam ini.

“Maksud saya sungguh prihatin, karena sesungguhnya tidak perlu terjadi kalau manajemen memiliki apa yang disebut rencana jangka panjang dan rencana antisipasi terhadap hal yang mungkin terjadi,” kata dia. 

Baca Juga : Listrik Padam Hampir Se-Pulau Jawa, Sofyan Basir : Bicara Energi Seperti Itu

Karding mengatakan bahwa kejadian seperti ini pernah terjadi di tahun 2005, dan PLN seharusnya menjadikan hal tersebut sebagai pembelajaran kedepan dan tidak mengulangi hal serupa.

“Ini pernah terjadi, beberapa kali terjadi baik di Indonesia tahun 2005 misalnya, beberapa kali bahkan, di negara-negara lain pernah terjadi. Harusnya bisa diantisipasi. Jadi kita bisa belajar, kita bisa menyiapkan sumber daya teknologi dan sistem manajemen yang baik agar itu tidak terjadi,” kata Karding.

Karding juga menyinggung soal insiden padam listrik hampir se-Pulau Jawa ini berimbas pada banyak sektor ekonomi. Dan listrik juga rentan dengan sabotase.

“Ini terjadi lagi, itu makanya Presiden sangat marah, karena dampaknya juga luas bagi pelayanan publik, bagi perekonomian khususnya usaha UMKM kita, bagi proses belajar-mengajar, dan kegiatan lainnya. Bahkan yang paling mengerikan, dari sini kita lihat bahwa ternyata ketersediaan listrik kita ini sangat rentan, sangat rentan kemungkinan sabotase ke depan. Kalau ada yang berniat jahat melakukan sabotase, itu berbahaya bagi keamanan kita,” kata Karding.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of