oleh

POLRI dan TNI Janjikan Keamanan Tokoh Dan Masyrakat Papua di Ibu Kota

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Kepolisian Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia menjamin keamanan masyarakat papua dalam menjalakan aktivitas di ibu kota.

Kepolisan juga menghimbau Semua pihak diminta menjaga situasi tetap sejuk, aman, dan kondusif karena Indonesia merupakan rumah keberagaman, rumah bagi semua agama, suku, ras, budaya, serta bahasa.

Hal ini di sampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Purnomo setelah melakukan pertemuan dengan tokoh dan masyarakat papua senin malam (19/8/19), terkait adanya kerusuhan yang terjadi di beberapa tempat.

Baca Juga : Jusuf Kalla Meminta Agar Polisi Perlu Jelaskan Peristiwa Kerusuhan Terjadi Malang dan Surabaya

“Pertama kami ingin memberikan rasa aman, dan memberikan informasi yang benar terkait peristiwa yang terjadi agar tidak berkembang di wilayah DKI Jakarta atau Jabodetabek. Pada kesempatan ini kami menyampakan yang pertama bahwa bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang beradab. Indonesia itu adalah rumah keberagaman, rumah kita bersama yang terdiri dari berbagai agama, berbagai suku bangsa, berbagai ras, budaya, bahasa, dan lain sebagainya,” kata Gatot

Dalam pertemuan ini Gatot juga mengatakan akan menjaga situasi dan menjamin aktivitas masyrakat papua yang ada di DKI Jakarta atau Jabodetabek tetap aman.

Baca Juga : Lenis Kogoya Minta Demonstrasi Di Manokwari Tak Disertai Perusakan Fasilitas

“Kami juga sampaikan kepada saudara-saudara kita masyarakat dan tokoh Papua yang ada di wilayah DKI Jakarta atau Jabodetabek untuk melakukan aktivitas dan kegiatannya. Polda Metro Jaya bersama-sama teman-teman TNI akan menjamin keamanan untuk beraktivitas apakah itu berpergian ke kantor atau kegiatan ke sekolah atau pun kegiatan lainnya,” Ujar Gatot.

Sementara itu, perwakilan tokoh Papua Febiolla Iriani mengatakan masyarakat Papua meminta jaminan perlindungan keamanan masyarakat Papua di Jabodetabek. Kemudian, meminta adanya penegakan hukum terhadap pemicu terjadinya persoalan di Malang dan Surabaya.

Baca Juga : Khofifah Minta Maaf Soal Kerusuhan Di Monokwari Dan Papua

“Ketiga, tindakan tegas kepada kelompok-kelompok yang memicu konflik. Keempat, dibentuknya komunikasi dalam permasalahan sosial yang saat ini sedang bergejolak untuk mengantisipasi munculnya kejadian berikutnya,” kata Febiola.

Febiolla juga menyerukan dihentikannya rasisme dalam bentuk apa pun. Kemudian, meminta kepada aparat di lokasi konflik agar bisa cepat bertindak untuk meredam ketegangan.

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] SENAYANEWS.com – Aparat keamanan terlibat baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Wamena, papua Jumat (23/8/19). Seorang anggota KKB dilaporkan meninggal dalam baku tembak tersebut. […]

trackback

[…] Baca juga : POLRI dan TNI Janjikan Keamanan Tokoh Dan Masyrakat Papua di Ibu Kota […]