oleh

Razia Buku Kiri di Makassar Menuai Reaksi Dari 2 Guru Besar Filsafat

Dirazia BMI, Buku Buku Franz Magnis Suseno Justru Kritik Marxisme
http://Dirazia BMI, Buku Buku Franz Magnis Suseno Justru Kritik Marxisme

MAKASSAR, SENAYANEWS.Com. Aksi razia sejumlah buku kiri oleh sekelompok warga yang menamakan dirinya sebagai Brigade Muslim Indonesia (BMI) di toko gramedia Trans Studio Mall Makassar, mendapat reaksi dari 2 Guru Besar di bindang filsafat, Sabtu (03/08/19).

Prof. Dr. M. Qasim Mathar, Guru Besar UIN MAKASSAR mengatakan ormas siapa pun termasuk BMI tidak boleh melakukan tindakan sepihak dengan merazia sejumlah toko buku yang menjual buku beraroma paham-paham yang dianggap terlarang tanpa terlebih dahulu mengklarifikasi pihak toko buku bersangkutan.

“Prinsip tabayun yang diajarkan oleh agama Islam itu tidak dilaksanakan. Kan tidak boleh orang lantas masuk ke tempat jualan orang untuk itu . Harus kita tanya kenapa kamu jual seperti itu,” terang Qasim’’.

Ia memaparkan, bahwa dalam aturan MPRS No. 25 tahun 1966 tentang larangan penyebaran Marxisme, Lenimisme, Komunisme dan Atheisme terdapat catatan kecuali untuk keperluan terbatas. Misalnya, untuk penelitian akademik, kajian akademik dan diskusi akademik itu tidak apa-apa.

“Yang saya tahu bahwa untuk kajian akademik itu tidak dilarang, tidak ada paham yang dilarang untuk kajian akademik. Paham anti Tuhan sekalipun juga tidak bisa dilarang,” terang Qasim.

Terkait dengan Razia buku dari BMI di Makassar, ada buku-buku Romo Franz Magnis-Suseno yang terkena razia. Franz Magnis tak acuh terhadap peristiwa itu karena itu bukan hal baru baginya.

Senada dengan Prof Qaism, “Buku-buku yang di terbitkan sama sekali tidak bertentangan dengan TAP MPRS . Membicarakan secara kritis suatu teori itu tidak sama dengan menyebarkan teori itu,” terang Magnis Selasa (6/8/19).

Dia menyatakan bukunya tidak berisi anjuran agar pembaca menganut Marxisme, Marxisme-Leninisme, komunisme. Justru bukunya itu merupakan kritik terhadap paham itu.

“Silakan dibaca saja,” kata Magnis.

Buku Magnis yang terkemuka tentang Marxisme dan ideologi kiri adalah ‘Pemikiran Karl Marx: Dari Sosialisme Utopis ke Perselisihan Revisionisme’, ‘Dalam Bayang-bayang Lenin: Enam Pemikiran Marxisme dari Lenin sampai Tan Malaka’, dan ‘Dari Mao ke Marcuse: Percikan Filsafat Marxis Pasca-Lenin’. Ditegaskan Magnis, buku itu tidak menyebarkan paham Marxisme, Leninisme, Komunisme, atau Maoisme. Justru semua buku tersebut sangat mengkritik ideologi itu.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of