oleh

Siti Zuhro : Kalau Indonesia Mengimpor Rektor Asing Pimpin PTN, Itu Ironi

JAKARTA, SENAYANES.com – Peneliti Senior LIPI Siti Zuhro menilai wacana rektor asing bisa memimpin perguruan tinggi negeri (PTN) sebagai ironi. Menurutnya, Indonesia harus memperbaiki SDM-nya sendiri.

“Itu ironi bagi saya. Kalau Indonesia sampai mengimpor rektor, itu ironi bagi kita dalam konteks dalam rangka mengembangkan ilmu pengetahuan dan jumlah SDM kita sendiri yang memang ini harus dalam proses perbaikan,” ujar Siti kepada wartawan, Sabtu (3/8/2019).

Ia mengaku tidak setuju dengan wacana rektor asing bisa memimpin PTN tersebut. Menurutnya, lebih baik merekrut akademisi Indonesia yang saat ini sedang bekerja di luar negeri. Ia juga menganjurkan pemerintah mengintrospeksi diri dan lebih menghargai para akademisi dalam negeri. Dia berharap kebijakan pemerintah lebih berpihak terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, seperti meningkatkan anggaran riset.

Baca Juga : JK : Kalau Ingin Berinovasi, Kuncinya Adalah Pendidikan

“Kalau memang berpihak, punya empati yang tinggi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, semestinya anggaran untuk riset, anggaran untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang ada itu dibesarkan. Jangan mau 0,9% dari APBN untuk keseluruhan se-Indonesia ini. Jadi harus ada keberpihakan itu kepada pemerintah sendiri,” ujar Siti.

Ia juga menegaskan perlunya evaluasi besar-besaran soal perekrutan rektor di Indonesia. “Makanya dievaluasi, bagaimana rektor direkrut di Indonesia. Bagaimana bisa seperti itu sehingga seorang yang bagus sebagai rektor malah tidak lolos. Jadi kita harus intropeksi,” ujarnya.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of