oleh

Startup Indonesia Besar Karena Investasi Asing

SENAYANEWS.com – Asosiasi Digital Enterpreneur Indonesia (ADEI) mengakui jika aliran dana asing menjadi salah satu penopang pertumbuhan unicorn di Indonesia. Tanpa suntikan modal asing start up lokal tak bisa meroket seperti sekarang.

“Kalau tidak dibuka untuk investor asing masuk ya unicorn tidak pernah ada di Indonesia yang ada hanya startup,” kata salah satu Perwakilan ADEI, Suherman Widjaja, saat ditemui di Menara Kadin, Jakarta, Rabu (7/8/19).

Selama ini banyak bermunculan startup rintisan baru, namun karena modal yang minim membuat perusahaan tersebut tutup lebih awal.

Baca juga : Perjalanan GOJEK Start Up Rintisan Nadiem Makariem

E-commerce Startup itu sebutkan bakar uang ujung-ujungya rugi. Kalau rugi untuk apa berbisnis. Nah para pemodal yang ada di Indonesia belum terbiasa dengan itu tapi di luar negeri udah biasa dan juga kebetulan di sana udah siap dananya, jadi siap gelontorkan investasi yang besar,” ungkapnya.

“Ini peran pemerintah supaya hasil usaha tidak dibawa ke luar negeri. karena itu potensi marketdi Indonesia, sudah dikumpulkan e-commerce, tapi hasil usaha dibawa ke luar negeri. Kenapa dibawa ke luar negeri? karena pemegang saham besar di luar negeri,” tandasnya.

Peneliti Indef Aryo Dharma Pala mengatakan, cepat atau lambat startup lokal yang valuasinya mencapai di atas USD 1 miliar atau unicorn Indonesia akan dikuasai asing.

Baca juga : Gelar Gerakan Nasional 15.000 Wirausaha, KAHMI Preneur Ajak Pengusaha Muda Lebih Kreatif

Fenomena perkembangan startup di Indonesia tidak direspons tepat oleh pemerintah. Akibatnya, banyak platform e-commerce didominasi oleh barang impor.

“Ironisnya, startup lokal yang dibanggakan oleh pemerintah, nyatanya mayoritas sahamnya sudah dimiliki asing. Sekalipun masih ada yang didominasi oleh investor dalam negeri, namun saya yakin cepat atau lambat akan dikuasai oleh investor asing,” tuturnya Minggu (4/8/19).

4
Leave a Reply

avatar
4 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga : Startup Indonesia Besar Karena Investasi Asing […]

trackback

[…] Baca juga : Startup Indonesia Besar Karena Investasi Asing […]

trackback

[…] Baca juga : Startup Indonesia Besar Karena Investasi Asing […]

trackback

[…] Baca juga : Startup Indonesia Besar Karena Investasi Asing […]