oleh

Terdampakkah RI Atas Pelemahan Ekonomi Akibat Perang Dagang AS-China?

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Amerika Serikat (AS) dan China saat ini masih mengalami ketegangan dalam sektor perdagangan. Hal tersebut membuat perekonomian dunia bergejolak, karena keduanya yang sama-sama memiliki kekuatan ekonomi besar mendeklarasikan perang dagang. Dampaknya adalah terhadap pelemahan ekonomi global pada 2020.

Mantan Menteri Keuangan terdahulu Chatib Basri mengatakan Indonesia merupakan negara yang beruntung bisa bertahan di tengah gejolak ekonomi global akibat perang dagang antara AS dan China.

Hal tersebut karena share ekspor dari Indonesia tidak terlalu besar.

Baca Juga : Perang Dagang Kian Tekan Ekonomi China, Siapa yang untung?

“Betul, karena share dari ekspor kita kecil. Contohnya gini, kalau anda tidak mau tertular dari penyakit menular di luar, ya jangan keluar rumah, anda di dalam ya tidak kena,” kata Chatib di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (20/8/19).

“Kita ekspor kecil, ke global ya efeknya kecil. Dulu 2008 kita survive di global financial crisis karena dua hal, policy yang baik dan share ekspornya kecil,” imbuh dia.

Sebelumya, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Andin Hadiyanto mengatakan, berdasarkan proyeksi Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF), tensi perang dagang akan sedikit membaik pada tahun depan. Namun, ia memperingatkan, pemerintah tetap harus bersiap diri memperkuat kestabilan ekonomi dalam negeri.

Baca Juga : Neraca Dagang RI Defisit 60 Juta Dolar AS pada Juli

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, 2020 tetap masih ada tekanan eksternal. Jadi Indonesia harus pertama memperkuat fundamental ekonomi di dalam negeri untuk kerjasama koordinasi fiskal dan moneter, juga kebijakan eksternal. Itu agar kurs, inflasi, tingkat bunga, dan sebagainya tidak terlalu bergejolak,” imbuhnya di Gedung Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Jumat (16/8/19).

Jika kondisi perekonomian dunia pada 2020 nanti tetap memanas, Anis melanjutkan, pemerintah telah punya bekal pengalaman dari kondisi serupa pada beberapa waktu tahun ke belakang.

“Pemerintah juga melakukan langkah-langkah antisipasi dengan berbagai macam policy mix. Pertama adalah best effort, naikin sesuai dengan program-program yang dilakukan,” ungkap dia.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of