oleh

Trump Tak Inginkan Perubahan Rezim di Iran

SENAYANEWS.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donal Trump menyatakan dirinya ingin melihat Iran yang kuat dan menegaskan tidak berupaya mendorong perubahan rezim di Iran. Namun Trump juga menyebut bahwa standar kehidupan untuk warga biasa di Iran tidak bisa diterima.Seperti dilansir Reuters, Senin (26/8/19), komentar terbaru itu diungkapkan oleh Trump kepada wartawan di sela-sela pertemuan G7 yang digelar di Prancis.

Baca juga : Zulkifli Hasan Minta Jokowi Utamakan Masalah Papua

“Saya menantikan Iran yang sangat baik, Iran yang sungguh kuat, kami tidak mencari perubahan rezim. Anda telah melihat bagaimana cara kerjanya selama 20 tahun terakhir, yang tidak terlalu baik,” sebut Trump dalam pernyataan kepada wartawan setempat. 

Ditambahkan Trump bahwa dirinya tidak terkejut soal undangan otoritas Prancis untuk Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, untuk menghadiri forum diskusi di sela-sela G7 pada Minggu (25/8/19) waktu setempat. Undangan itu dimaksudkan untuk meredakan ketegangan antara AS dan Iran.

Baca Juga : Cak Imin Kembali Terpilih Jadi Ketua Umum PKB

Namun, Trump menegaskan dirinya tidak ingin bertemu langsung dengan Zarif untuk saat ini, dengan alasan masih terlalu dini untuk bertemu.”Saya tahu dia (Zarif-red) datang dan saya menghormati fakta bahwa dia datang. Dan kita menantikan untuk menjadikan Iran kaya kembali, biarkan mereka kaya, biarkan mereka berhasil, jika mereka ingin,” ujarnya.

“Atau mereka bisa semiskin mungkin. Saya beritahu bahwa saya pikir tidak bisa diterima cara mereka dipaksa hidup di Iran,” ucap Trump. Ketegangan antara AS dan Iran semakin meningkat sejak tahun lalu, setelah Trump menarik AS dari kesepakatan nuklir Iran tahun 2015 yang didukung internasional. Trump juga memberlakukan kembali sanksi-sanksi terhadap perekonomian Iran.

Baca Juga : Balas Undangan PDIP : Prabowo Bakal Undang Megawati Rakernas Gerindra

“Apa yang kami inginkan sangat sederhana. Itu harus non-nuklir. Kita akan berunding soal rudal balistik, kita akan berunding soal kerangka waktu,” ujarnya. Saya pikir mereka akan berubah,” tandas Trump.


1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Ketua DPR Bambang Suesatyo, menaruh harapan besar terhadap anggota DPR 2019-2024 untuk meneruskan upaya DPR menjadi parlemen modern. Bamsoet ingin DPR mendatang tetap membangun kondusifitas politik tetapi tetap berperan dalam checks and balances. […]