oleh

Ustadz Abdul Somad Penuhi Undangan MUI

JAKARTA, SENAYANEWS.comUstadz Abdul Somad (UAS) Penuhi undangan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Undangan ini di maksud dalam rangka klarifikasi atau tabayyun atas videonya yang belakangan viral.

UAS tiba di Kantor MUI, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat Rabu (21/8/2019) pukul 15.52 WIB. UAS datang tiba dengan menggunakan mobil SUV hitam pelat D 1173 AGS. 

Setibanya di MUI ia langsung naik ke lantai 4 bertemu dengan pihak MUI. Sempat tertahan oleh media ketika ingin masuk, UAS naik menggunakan tangga. 

Sebelumnya MUI mengundang UAS untuk untuk mengklarifikasi video ceramah Abdul Somad tentang salib dan patung yang menjadi perbincangan di media sosial. Hal tersebut sesuai dengan hasil keputusan Rapat Pimpinan Harian MUI pada Selasa (20/08/2019). MUI ingin memosisikan diri sebagai mediator atau penengah dalam menyelesaikan masalah ini. 

“Kami ingin menggali informasi dari beliau untuk mengetahui secara detail tentang kronologi permasalahan agar nantinya tidak salah dalam mengambil keputusan, maka kami perlu bertabayyun terlebih dulu dengan yang bersangkutan,” kata wakil ketua umum MUI, Zainut Tauhid Saadi dalam pesan singkatnya Rabu (21/8/19).

Zainut mengatakan, MUI telah mengimbau kepada semua pihak untuk bersabar, tetap tenang, tidak terpancing dan terprovokasi oleh pihak-pihak yang sengaja ingin menciptakan keresahan di masyarakat dengan cara mengadu domba antarumat beragama.

Seperti diketahui, video UAS yang membahas salib beredar di media sosial. UAS sendiri sudah menyampaikan klarifikasi dan menyebut ceramahnya dilakukan di forum internal tertutup. Dia menegaskan bahwa substansi ceramahnya itu hanya sekadar menjawab pertanyaan dari salah satu jemaah dan bukan untuk merusak hubungan antarumat beragama di Indonesia.

Atas video tersebut, beberapa pihak melaporkan UAS ke polisi. Setidaknya ada empat pihak yang telah melaporkan UAS, yaitu Horas Bangso Batak (HBB), seorang dosen universitas swasta di Jakarta bernama Manotar Tampubolon, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Presidium Rakyat Menggugat (PRM).

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Ustadz Abdul Somad Penuhi Undangan MUI […]