oleh

Usulan PAN Soal 10 Pimpinan MPR : Kalau Ada Parpol Yang Tidak Mau Diakomodir, Bagus

JAKARTA, SENAYANEWS.com – PAN menjelaskan soal usulan formasi pimpinan MPR yang naik menjadi 10 orang untuk mengakomodir semua fraksi dan DPD. Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay menungkapkan terkait anggaran akibat penambahan pimpinan MPR tidak ada yang perlu dipermasalahkan.

“Beban anggaran untuk tambahan pimpinan MPR dinilai tidaklah terlalu besar jika dibandingkan dengan kebersamaan yang akan terbangun. Apalagi tambahan pimpinan MPR seperti ini sudah pernah dilakukan. Waktu itu, tambahannya malah langsung tiga orang,” ujar Saleh, Senin (12/8/2019).

Dalam Pasal 427C UU MD3 2/2018, pimpinan MPR hasil Pemilu 2019 dikembalikan ke formasi 1 ketua dan 4 wakil. Pemilihannya melalui sistem paket yang terdiri atas unsur fraksi dan kelompok DPD.

Saleh mengaku bingung mengapa waktu itu tidak ada fraksi yang meributkan penambahan pimpinan MPR tersebut. “Kemarin waktu ada 3 tambahan pimpinan MPR kenapa tidak dipersoalkan anggarannya? Kenapa juga tidak dipersoalkan soal politik akomodatif di dalamnya? Kan itu sama saja dengan kondisi sekarang ini. Bahkan waktu itu, tambahan pimpinan tidak hanya dilakukan di MPR, tetapi juga di DPR,” ucapnya.

Baca Juga : PKS Kritik Usulan PAN Pimpinan MPR Jadi 10 : Membebani Keuangan Negara

Saleh menerima tanggapan dari berbagai fraksi, ada yang menerima ada juga yang menolak usulan tersebut.

“Sebagai usulan, wacana ini boleh ditanggapi siapa saja. Kalaupun ada partai yang tidak mau diakomodir di dalam pimpinan MPR, itu adalah hak mereka. Bagus juga kalau ada satu partai yang tidak mau diakomodir. Malah akan mengurangi jatah anggaran 1 orang unsur pimpinan,” kata Saleh.

“Soal itu, tentu bisa dibuat klausul soal itu nanti di tatibnya. Tergantung musyawarah dan kesepakatan lintas fraksi dan kelompok DPD di MPR,” imbuh Saleh.

Usulan soal perubahan format pimpinan MPR menjadi 10 orang ini memang mendapatkan penolakan dari berbagai fraksi. Salah satunya PKS, yang menurutnya hanya menambah beban anggaran negara.

Baca Juga : Tanggapi Usulan PAN Pimpinan MPR 10 Orang, Gerindra Mendukung

Tidak seperti PKS, Partai Gerindra mendukung usulan Saleh. Gerindra menilai usulan tersebut agar pimpinan MPR menjadi 10 adalah sesuatu yang baik. Gerindra mengatakan bahwa MPR adalah lembaga permusyawaratan rakyat sudah selayaknya memiliki banyak perwakilan dari rakyat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of