oleh

Wajib Tahu! Beberapa Tips Menyimpan Daging kurban Di Dalam Kulkas

SENAYANEWS.com – Qurban merupakan salah satu ibadah yang dilakukan umat Islam menjelang Hari Raya Idhul Adha, pada hari itu umat islam sangat di sunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat islam di suatu daerah,di indonesia biasanya berkuban identik dengan hewan sapi atau kambing.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Syarat Sah Dan Hukum Qurban Idhul Adha

Oleh karena itu, Anda harus tahu cara menyimpan daging di kulkas yang benar, menyimpan daging dalam kulkas memang biasanya dianggap sebagai hal sepele yang sangat mudah dilakukan, tahukah Anda bahwa cara menyimpan daging di kulkas tidak boleh asal dilakukan? Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dan keamanan daging selama di simpan dalam kulkas.

Berikut beberapa Tips cara simpan daging di kulkas agar tetap sehat dan awet:

Kondisi kebersihan kulkas

Dilakukan dengan melihat kondisi rak kulkas atau freezer secara fisik, baik pada tempat yang terlihat atau di sela rak. Jika perlu, Anda bisa membersihkan rak kulkas dengan cairan pembersih terlebih dahulu sebelum menyimpan daging. Hal ini penting agar bakteri yang mungkin ada pada rak kulkas dan freezer tidak mengontaminasi daging.

Suhu kulkas dan freezer

Suhu memiliki peran penting untuk menjaga kualitas dan keamanan daging selama disimpan. Pastikan suhu freezer berada di bawah 10 derajat dan kulkas di bawah 4 derajat celsius. Suhu penyimpanan yang tidak tepat akan membuat daging mudah rusak saat disimpan.

Mempersiapkan wadah

Perlu Anda perhatikan bahwa wadah yang digunakan harus bersih dan kedap udara atau tertutup. Hal ini penting agar daging tetap bersih dan cairan dari daging mentah tidak mengontaminasi bahan makanan lain saat penyimpanan.

Memotong daging saat masih segar

Cara menyimpan daging di kulkas yang benar, Anda harus segera memotong daging dan meletakkan dalam wadah bersih kedap udara. Lebih baik lagi jika Anda memotong-motong daging dan membaginya dalam wadah-wadah untuk ukuran satu saji atau satu kali masak, sehingga daging yang diambil adalah daging yang diperlukan saja dan daging lainnnya bisa tetap terjaga kualitasnya.

Jangan cuci daging

Kebanyakan orang menganggap mencuci daging akan membuatnya bersih. Faktanya, Anda tak perlu mencuci daging saat akan disimpan di kulkas. Selain tidak dianjurkan mencuci daging, hal ini justru membuat kadar air dalam daging meningkat dan menyebabkan paparan dengan mikroba yang lebih besar.

Kini, tiba saatnya untuk memasak daging yang sudah disimpan di dalam kulkas selama beberapa waktu, itulah Tips panduan cara menyimpan daging di kulkas supaya tahan lama dan tetap segar ketika dikonsumsi.

Baca Juga : Digugat Brazil, Indonesia Buka Impor Ayam

Tips Tambahan:
Ketika akan mencairkan daging, jangan menggunakan air panas, ya. Letakkan daging beku yang masih terbungkus plastik di bawah air kran. Baru ketika daging sudah empuk, plastik bisa dibuka, dan daging baru dicuci bersih. Setelah ditiriskan, daging siap untuk diolah.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of