oleh

Warga Keturunan Prancis Masuk Taruna Akmil

MAGELANG, SENAYANEWS.com – Warga Negara Indonesia keturunan Prancis, berhasil masuk sebagai calon Taruna Akademi Militer (AKMIL) TNI tahun 2019.

Pemuda itu diketahui bernama Enzo, saat mengikuti sidang pemantauan akhir di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah.

pemuda yang bernama asli Enzo Zenz Allie ini, Ia lahir di Prancis dan sempat mengenyam Sekolah Dasar (SD) di sana. Sang ayah bernama Jean Paul Francois Allie, dan Ibu Siti Hajah Tilaria.

Ketika ayahnya meninggal di tahun 2012, Ibunya membawa Enzo pulang kembali ke Indonesia.

“Jadi, yang bersangkutan sempat tinggal di Prancis. Saat usia 13 tahun dia balik ke Indonesia. Menurut pengakuannya, dia sempat mondok di pesantren di Banten,” ungkap Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Sisriadi Selasa (06/08/19).

Baca juga: Pemerintah Resmi Umumkan penerimaan CPNS Oktober 2019 Dengan 2 Tahap

Di tempat yang sama, Komandan Jenderal Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia memuji ilmu agama Enzo yang dia nilai sangat baik. “Itu ngajinya saja saya mungkin kalah, ngajinya hebat, agamanya bagus,” ujar Aan di sela upacara pembukaan pendidikan dasar kemitraan Caprabhatar Akademi TNI-Akpol Tahun 2019 di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang, Selasa (06/08/19).

“Kalau standarnya tidak memenuhi jelas tidak masuk, jangankan dia, anak pejabat/jenderal saja banyak yang ingin masuk Akpol/Akademi TNI yang tidak memenuhi syarat ya tidak masuk, tetapi banyak juga anak petani, tukang bengkel, guru, banyak yang dari menengah ke bawah masuk karena memang bagus,” katanya.

Enzo bukan WNI keturunan yang pertama masuk Akademi TNI, dulu juga ada di Angkatan Laut WNI keturunan Belanda, tetapi sekarang sudah pensiun. “tutur Aan Kurnia.

Dalam amanatnya Danjen Akademi TNI itu menyampaikan amanatnya Bahwa; Tahun 2019 adalah Tahun kelima pendidikan dasar Integrasi kemitraan Akademi TNI dan Akpol di selenggarakan dalam satu wadah yang sama, guna terwujudnya sinergitas TNI dan Polri serta semangat integrasi pengabdian pada profesi masing-masing.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of