oleh

5 Permintaan Gubernur Maluku Kepada: Kementrian Kelautan Susi Pudjiastuti

SENAYANEWS.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan ( KKP) Nilanto Perbowo mengatakan, hasil pertemuan dengan Gubernur Maluku Murad Ismail akan segera disampaikan kepada Menteri Susi Pudjiastuti. Menurut Nilanto, saat kembali ke Jakarta, pihaknya akan langsung menemui Menteri untuk menyampaikan hasil pertemuan tersebut.

“Tentu kami akan menyampaikan apa-apa yang telah kami dapatkan langsung dari Pak Gubernur sekembalinya kami ke Jakarta,

Baca juga: Air Langga Hartato Dampingi Jokowi Kunjungi Pabrik Esemka

”kata Nilanto di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (5/9/19). Nirlanto mengatakan, semua permintaan Gubernur Maluku akan segera ditindaklanjuti.”kata Nilanto.

Sebagaimana Pak Gubernur sampaikan bahwa semua hal akan kami tindak lanjuti dengan secepat mungkin dan sebaik mungkin, saya kira demikian, Adapun, lima tuntutan pemerintah Provinsi Maluku yang disampaikan ke Kementrian Kelautan Susi Pudjiastuti yakni:

Pertama, meminta Pemerintah Pusat segera merealisasi janji-janjinya terkait Maluku dijadikan sebagai lumbung ikan nasional (LIN) baik dalam bentuk regulasi maupun program kebijakan.

Kedua, mendesak DPR RI  dan Pemerintah Pusat segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang Provinsi Kepulauan menjadi Undang-Undang.

Ketiga, meminta Menteri KKP Susi Pudjiastuti segera memberi paraf pada draf Perpres LIN, agar bisa ditandatangani Presiden RI Joko Widodo. Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sekretaris Kabinet sudah memberi paraf persetujuan.

Keempat, mendesak Menteri Dalam Negeri segera menyetujui Perda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil yang sudah diajukan Pemerintah Maluku, termasuk dari daerah lainnya.

Kelima, mendesak Pemerintah Pusat agar mengeluarkan Peraturan Pemerintah dengan mencantumkan objek kelautan dan retribusi daerah.

Baca juga: Ketua DPR Minta Pemerintah Proaktif Selesaikan RUU Perkoperasian

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of