oleh

50 Tahun Perdebatan RUU KUHP, Akankah Kembali Gagal Disahkan?

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Perdebatan RUU KUHP telah berlangsung 50 tahun lamanya. Namun hingga kini, Indonesia belum memiliki KUHP sendiri, masih pakai produk penjajah Belanda.

Menurut advokat senior Luhut Pangaribuan, konsep KUHP itu sudah dibuat sejak 50 tahun yang lalu, dan sampai sekarang belum juga menjadi perundang-undangan.

Baca juga : Kadin Meminta Pengusaha Mendukung Perpindahan Ibu Kota

“Kalau ditunda dilemanya nanti DPR yang akan datang mengulang lagi dari awal, dan belum tentu akan jadi disahkan. KUHP sifatnya mendesak, sedangkan KUHP yang kita pakai sekarang masih dari zaman Belanda, pada kesempatan inilah untuk mengesahkannya,” kata Luhut.

Sepanjang perdebatan RUU KUHP, sudah ada 13 kali pergantian menteri. Bahkan, tim penyusun yang pernah terlibat menyusun RKUHP, sekitar 17 orang telah wafat. 7 Di antaranya Guru Besar Universitas Diponegoro (alm) Prof Soedarto, Guru Besar UGM (alm) Prof Roeslan Saleh dan Menteri Kehakiman Prof Moeljanto dan (alm) Prof Satochid Kartanegara. Berikut perjalanan sejarah KUHP dan perdebatan RUU KUHP, sebagaimana dirangkum senayanews Rabu (4/9/19)

Baca juga : Mengenal Makna Kata Dalam Dunia Percetakan


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of