oleh

AS Kirim 200 Tentara ke Arab Saudi

SENAYANEWS.com – Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan pengerahan 200 tentara serta rudal-rudal Patriot ke Arab Saudi untuk membantu pertahanan negara tersebut menyusul serangan ke instalasi-instalasi minyak bulan lalu.

Departemen Pertahanan AS menyatakan bahwa pengerahan tersebut akan melibatkan satu baterai rudal darat-ke-udara, beserta empat radar Sentinel yang digunakan sistem pertahanan rudal dan udara.

Selain itu, dua baterai Patriot lainnya dan satu sistem pencegat rudal balistik THAAD juga tengah disiapkan, jika sewaktu-waktu diputuskan akan dikirimkan juga ke Arab Saudi.

“Pengerahan ini akan meningkatkan pertahanan udara dan rudal kerajaan dari infrastruktur militer dan sipil yang penting,” kata juru bicara Pentagon atau Departemen Pertahanan AS, Jonathan Hoffman seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (27/9/19).

Presiden Iran Serukan Arab Saudi Hentikan Serangan Militer di Yaman

Hasil gambar untuk foto presiden iran hassan rouhani

Pesiden Iran Hassan Rouhani menyerukan Arab Saudi menghentikan serangan-serangan militernya di Yaman. Seruan itu disampaikan Rouhani di Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Rabu (25/9/19) waktu setempat.

“Keamanan Arab Saudi akan dijamin dengan penghentian agresi di Yaman, daripada dengan mengundang orang-orang asing,” kata Rouhani seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (26/9/19).

Diketahui bahwa Saudi memimpin serangan-serangan udara di Yaman yang dimaksudkan untuk memerangi kelompok Pemberontak Houthi yang menguasai banyak wilayah Yaman. Serangan-serangan udara Saudi dan koalisi tersebut telah menyebabkan Yaman mengalami krisis kemanusiaan yang parah.

Dalam pidatonya, Rouhani juga mengajak negara-negara regional untuk bergabung dalam “Koalisi Harapan” yang disebutnya akan menjanjikan non-agresi dan non-intervensi dalam urusan negara lain. Rouhani juga melontarkan serangan pada Amerika Serikat.

“Keamanan wilayah akan tercipta ketika pasukan Amerika mundur,” tutur Rouhani.

“Jika terjadi insiden, Anda dan kami tidak akan tinggal sendirian. Kita bertetangga satu sama lain dan tidak dengan Amerika Serikat,” cetusnya.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of