oleh

AS Tuding Iran atas Serangan ke Fasilitas Minyak Saudi

SENAYANEWS.com – Amerika Serikat (AS) menuding Iran bertangungjawab atas serangan ke fasilitas minyak milik Arab Saudi. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pihaknya akan memastikan pasar tidak terganggu akibat agresi tiu.

“Amerika Serikat akan bekerja dengan mitra dan sekutu kami untuk memastikan bahwa pasar energi tetap dipasok dengan baik dan Iran bertanggung jawab atas agresi,” kata POmpeo, dilansir kantor berita AFP, (16/9/19).

Baca juga: Pemerhati Parlemen: Surpres Revisi UU KPK, Presiden Mengikuti Drama DPR

Sementara Itu Ingris Meminta Houti:

Hasil gambar untuk foto bendera gedung pemerintahan inggris

Pemerintah Inggris meminta kelompok pemberontak Houthi Yaman harus berhenti menargetkan infrastruktur sipil dan komersial milik Saudi. Kelompok Houthi ini juga menyerang dua pabrik di jantung industri minyak Arab Saudi, termasuk fasilitas pemrosesan minyak bumi terbesar di dunia.

“Serangan yang sama sekali tidak dapat diterima pada fasilitas minyak di Arab Saudi pagi ini,” ujar Menteri Luar Negeri Inggris yang bertanggungjawab untuk urusan Timur-Tengah dan Afrika Utara, Andrew Murrison, seperti dilansir.

China Serukan AS-Iran Menahan Diri Usai Serangan Fasilitas Minyak Saudi

Hasil gambar untuk foto gedung pemerintah cina

Pemerintah China menyerukan Amerika Serikat dan Iran untuk menahan diri setelah Serangan Drone ke Fasilitas Saudi. Pemerintah Amerika Serikat menyalahkan Iran atas serangan tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan bahwa tidaklah bertanggung jawab untuk menuduh pihak-pihak lain “tanpa adanya investigasi atau putusan konklusif”.

“Sikap pihak China adalah bahwa kami menentang semua tindakan yang memperbesar atau mengintensifkan konflik,” ujarnya kepada para wartawan dalam konferensi pers di Beijing seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (16/9/19).

Baca juga: Jadi Wakil Ketua KPK, Lili Siregar Akan lanjutkan Program Anti Korupsi

“Kami harap agar kedua pihak bisa menahan diri dan bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas Timur Tengah,” imbuhnya.

Sebelumnya dilaporkan, fasilitas minyak Arab Saudi yang bernama Saudi Aramco kembali diserang drone. Serangan drone itu memicu kebakaran di dua lokasi berbeda di dalam kompleks fasilitas minyak Saudi.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] SENAYANEWS.com – Diperkirakan sebanyak puluhan juta data pelanggan dari dua maskapai penerbangan yang dikelola Lion Air telah bocor di sebuah forum online dalam sebulan terakhir. […]