oleh

Beberkan Risiko Kanker Akibat Polusi, Ilmuwan Turki Dipenjarakan

SENAYANWS.comIstanbul, Seorang Ilmuan Turki dijatuhi hukuman penjara karena membeberkan risiko penyakit kanker yang dipicu oleh polusi di wilayah Turki barat.

Pengadilan di Istambul menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (27/9/19), Dr Bulent Sik bersalah karena mengungkap informasi rahasia. Organisasi HAM, Amnesty International menyebut putusan pengadilan ini sebagai “parodi keadilan”.

Baca juga: Bamsoet Jenguk Mahasiswa Korban Kekerasan Pasca Demo DPR

Tahun lalu, Dr Sik membeberkan hasil sebuah studi yang dilakukannya bersama para ilmuwan lainnya untuk Kementerian Kesehatan antara tahun 2011 dan 2015. Hasil penelitian tersebut mengaitkan toksisitas dalam tanah, air dan makanan terhadap tingginya tingkat kanker di beberapa provinsi di Turki barat.

Ilmuwan tersebut kemudian menulis artikel untuk surat kabar Cumhuriyet setelah mengetahui bahwa pemerintah tidak mengambil langkah-langkah atas temuan penelitian tersebut.

Baca juga: Demo Berujung Ricuh: Kontras Buka Posko Pengaduan Korban Kekerasan

“Studi tersebut dengan jelas mengungkapkan sejauh mana sumber daya air terkontaminasi oleh bahan-bahan beracun,” kata Dr Sik kepada para wartawan usai putusan pengadilan pada Kamis (26/9/19) waktu setempat.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

… [Trackback]

[…] Info to that Topic: senayanews.com/2019/09/beberkan-risiko-kanker-akibat-polusi-ilmuwan-turki-dipenjarakan/ […]