oleh

Belanja Online Sampai ke Pulau Paling Selatan RI

SENAYANEWS.com – Belanja online sudah jamak dilakukan oleh masyarakat dewasa ini. Hal ini seiring dengan menjamurnya toko online atau e-commerce yang dapat dengan mudah diakses melalui smartphone.

Kebiasaan belanja online pun sudah menyebar hingga ke wilayah paling selatan RI, yakni Kabupaten Rote Ndao. Bahkan di daerah paling timur sekalipun yakni di Papela, Kecamatan Rote Timur.

Baca juga: Jadi Wakil Ketua KPK, Lili Siregar Akan lanjutkan Program Anti Korupsi

Uniknya masyarakat di desa ini memanfaatkan agen bank untuk transaksinya. Diungkapkan oleh salah seorang pemilik agen BRILink di Papela, Muncir Umar (59), dalam sehari ia bisa menerima puluhan transaksi untuk pembayaran di e-commerce.

Dia menjelaskan, dari total transaksi harian di BRILink miliknya, pembayaran untuk e-commerce mengambil porsi setengahnya.

“Kebanyak transfer untuk anak-anak kuliahan sama (Belanja) online. Dari 100 transaksi itu bisa separuhnya ke online,” ujar Muncir, saat ditemui beberapa waktu lalu.

Selain membantu masyarakat sekitarnya dalam melakukan transfer, menabung, dan tarik tunai, menjadi agen BRILink juga membantu perekonomian Muncir yang sehari-hari membuka jasa fotocopy dan menjual alat tulis kantor.

Baca juga: Jadi Wakil Ketua KPK, Lili Siregar Akan lanjutkan Program Anti Korupsi

“Lumayan membantu usaha kita sekali. Karena dari fee per hari bisa dapat Rp 100 ribu atau Rp 200 ribuan per hari. Kalau per bulan dikali 30 kan lumayan,” ungkapnya.

Transaksi ke e-commerce juga ditemui di salah satu agen BRILink di Ba’a, Kecamatan Lobalain. Warga di daerah yang sudah terbilang maju di Rote Ndao ini juga cukup banyak yang belanja secara online.

Selain menjadi agen BRILink Jusfri juga membuka usaha toko kelontong, rental PS, depot isi ulang air minum, serta warnet.


1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] SENAYANEWS.com BNI Syariah terus mengoptimalisasi peran masjid dalam hal manajemen dan keuangan syariah. Kali ini BNI Syariah bersama Yayasan Daarut Tauhiid Peduli kembali bersinergi mengadakan pelatihan manajemen masjid di Pekanbaru. […]