oleh

Capim Nawawi Kritik Kinerja KPK, Ibaratkan Seperti Orang Pulang Dugem

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Capim KPK Nawawi Pomolango berbicara mengenai apa motivasi dia mengikuti seleksi capim KPK. Nawawi yang merupakan seorang hakim karir merasa gregetan karena KPK selama ini dianggapnya jalan di tempat dan sempoyongan.

“KPK itu kewenangannya luar biasa, extraordinary, cuma kinerjanya yang saya rasa itu biasa-biasa saja. Saya ingin ada di situ. Siapa tahu saya yang merupakan hakim bisa membangun,” kata Nawawi.

Baca juga : Jokowi Teken Aturan, Usia 40 Tahun Bisa Jadi CPNS

Hal itu disampaikan Nawawi di depan Komisi III DPR, Senayan, Jakpus, Rabu (11/9/19). Nawawi menginginkan agar KPK bisa menjadi lembaga seperti yang diamanatkan dalam UU 30 Tahun 2002 yang meningkatkan daya guna pencegahan dan penindakan korupsi.

Capim KPK Nawawi Kritisi Wadah Pegawai, Singgung KPK di, Awan-awan

Capim KPK Nawawi Pomolango mengkritisi keberadaan Wadah Pegawai (WP) KPK. Struktur birokrasi disebut Nawawi tidak mengatur posisi wadah pegawai.

“Ada persoalan apa sih di internal KPK? Bukan rahasia umum soal ada sebutan mengenai wadah pegawai, ada persoalan mengenai WP. Saya setuju dengan ungkapan yang dipakai wakil ketua DPR, wadah pegawai ini sepertinya sudah di luar dari kebijakan ASN, di luar konsep. Kita tidak punya konsep birokrasi seperti itu,” kata Nawawi dalam fit and proper test capim KPK di gedung DPR, Rabu (11/9/19).

Baca Juga : 80 Juta Unit iPhone 11 Siap Diluncurkan oleh Apple

Oleh karena itu, Nawawi setuju dengan usulan status aparatur sipil negara (ASN) bagi pegawai KPK. Tujuannya agar tidak ada pertentangan antara KPK dengan kebijakan pemerintah.

“Bagaimana mungkin struktur birokrasi negara seakan-akan beroposisi dengan kebijakan politik pemerintah. Ketika dibentuk (KPK) 2002 seperti itu seakan di awang-awang, jadi mereka merasa seperti di awan-awan,” sambungnya.

“Bagaimana orang yang tidak punya background tindakan penyelidikan, penyidikan tiba-tiba disuruh melakukan tugas itu sedangkan di kepolisian berapa waktu untuk jadi penyidik,” katanya.

Baca juga : Indonesia Jadi Destinasi Wisata Belanja Setelah Berlakukan Kebijakan VAT Refund



1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Capim Nawawi Kritik Kinerja KPK, Ibaratkan Seperti Orang Pulang Dugem […]