oleh

Darurat Kebakaran Lahan Karhutla: Andre Rosiade Tagih Janji Jokowi

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Asap pekat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) semakin tak terkendali. Janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mencopot perwira TNI-Polri yang tak bisa mengatasi karhutla.

Arahan tegas mengenai karhutla disampaikan kepada Panglima TNI Marsekal Hadji Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam rapat koordinasi nasional pengendalian karhutla di Istana Negara, Jakarta, Selasa bulan lalu (06/08/19). Jokowi meminta Panglima dan Kapolri mencopot jajarannya yak mampu mengatasi karhutla.

“Dan aturan main kita tetap, masih sama. Saya ingatkan pangdam, danrem, kapolda, kapolres, aturan main yang saya sampaikan 2015 masih berlaku,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa bulan lalu (06/08/19).

Baca juga: Apartemen Kalibata City Terbakar

Mengenai hal janji Jokowi itu, Wakil Sekjen Gerindra Andre Rosiade menyindir ucapan Presiden Jokowi selaku petahana saat debat Pilpres 2019. Ia menyindir Jokowi yang bangga dengan mampu mengatasi kebakaran.

“Waktu debat Capres pak Jokowi dengan bangga bilang tidak ada kebakaran hutan. Sekarang asap sudah sampai kampung saya di Padang dan Wilayah Sumatera Barat,” ujar Andre dikutip dari Twitternya, Jumat kemarin, (13/09/19).

Baca juga: Penyebab Pembakaran Polsek Ciracas

Dia pun menagih janji Jokowi untuk tegas terhadap aparat yang bandel soal kebakaran hutan dan lahan.

“Janjinya udah enggak ada kebakaran, janjinya akan pecat pejabat TNI dan Polri kalo masih ada kebakaran. Faktanya NOL BESAR,” demikian tambahan cuitan Andre.

Andre yang juga Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra ini menceritakan mulanya ia mendapat laporan dari masyarakat setempat terkait asap yang sudah mencapai Padang. Padahal, diketahui pusat karhutla biasanya ada di kawasan Riau. Sementara di Padang tidak ada titik api.

“Ternyata kebakaran hutan itu sudah menutup asap kota Padang dan wilayah Sumbar sampai Gubernur Sumbar mengeluarkan surat imbauan agar masyarakat menggunakan masker,”Terang Andre.

Ia juga mengatakan, hingga kini belum ada tindakan konkret dari pemerintah mengenai kebakaran yang terjadi.

“Saya enggak lihat Pak Jokowi lihat kebakaran hutan. Dulu kita lihat video foto jalan-jalan sekarang enggak ada dengar, imbauan Bu Menteri juga enggak ada,” tutup dia.


4
Leave a Reply

avatar
4 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Darurat Kebakaran Lahan Karhutla: Andre Rosiade Tagih Janji Jokowi […]

trackback

[…] SENAYANEWS.com – 10 Pengusaha Muda Tangguh Di Indonesia – Tidak sedikit pengusaha muda yang berhasil mencapai kejayaan saat usia masih muda. Adanya cita-cita, kerja keras, ketekunan, keuletan sampai pada memilih instrumen investasi yang tepat bisa menjadi beberapa faktor dari kesuksesannya. […]

trackback

[…] Baca juga : Darurat Kebakaran Lahan Karhutla: Andre Rosiade Tagih Janji Jokowi […]

trackback

[…] Baca juga: Darurat Kebakaran Lahan Karhutla: Andre Rosiade Tagih Janji Jokowi […]