oleh

Demo DPRD Sultra Menelan Korban Jiwa, Istana Memberi Respon

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Demo mahasiswa di DPRD Sultra, Kamis (26/9/2019) menelan korban, 1 meninggal dunia, Randi (21), Mahasiswa Universitas Halu Oleo ( UHO ), Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Pihak Istana pun memberikan responsnya melalui Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana.

”Tentu tadi presiden sudah menyampaikan bahwa dalam penanganan aksi harus menggunakan cara yang tidak represif tapi juga terukur. Itu prinsip dasar yang jadi pegangan, tentu jadi wilayah Kapolri untuk menindaklanjuti arahan Presiden,” kata Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (26/09/19).

Ari enggan berbicara lebih jauh apakah akan ada evaluasi atas tindakan aparat kepolisian yang melakukan tindakan represif hingga menyebabkan kematian. Menurut dia, hal itu merupakan kewenangan Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk menyampaikan.

Baca juga: Dokter Sudah Pastikan, Mahasiswa UHO Yang Meninggal Karena Tertembak

Saat ditanya apakah ada evaluasi terhadap penanganan demonstrasi oleh aparat setelah peristiwa ini, Ari enggan menjawab lebih jauh. Ia meminta wartawan bertanya langsung kepada Kapolri.

“Itu nanti dari Pak Kapolri untuk menyampaikan,” kata dia.

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Golden Hart mengatakan, tewasnya mahasiswa itu terjadi saat kerusuhan di depan Gedung DPRD Sultra. Saat itu, mahasiswa sedang berdemo menolak UU KPK hasil revisi mulai pukul 11.30.

“Kami mengawal Ketua DPRD Provinsi (Sultra) bersama anggota DPRD lain menemui mahasiswa,” ujar Harry saat diwawancarai salah satu stasiun TV Swasta, Kamis(26/09/19)

Baca juga: Wamena Rusuh Lagi! 32 Meninggal Diantranya 1 Orang Dokter

Terkait hal itu, dalam keterangan medis, Randi yang merupakan salah satu demonstran dari UHO tewas karena terkena tembak di bagian dada. 

Sebelumnya, Randi diduga mengikuti aksi di depan DPRD Sultra. Selain Randi, ada satu mahasiswa lain yang kondisinya kritis dan dirawat di RS Bahteramas.

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Demo DPRD Sultra Menelan Korban Jiwa, Istana Memberi Respon […]

trackback

[…] Baca juga: Demo DPRD Sultra Menelan Korban Jiwa, Istana Memberi Respon […]