oleh

Demo, Mahasiswa Surabaya Menggugat

SENAYANEWS.com – Ribuan Mahasiswa Surabaya akan menggelar aksi SurabayaMenggugat di depan Kantor DPRD Jatim Jalan Indrapura Surabaya. Untuk mengamankan aksi, polisi menyiagakan 2.000 Personel aparat keamanan.

Aksi ini untuk memprotes RUU KUHP hingga UU KPK yang baru disahkan DPR RI.

“Kami terjunkan 2.000 personel hari ini untuk aksi di DPRD Jatim,” kata Wakapolrestabes Surabaya AKBP Leonardus Simarmata saat meninjau lokasi, Kamis (26/9/19).

Baca juga: Pengamat: Revisi UU KPK Mafia Migas Makin Sulit Ditangkap

Leo memaparkan 2.000 pasukan ini berasal dari gabungan pasukan Polda Jatim, Polrestabes Surabaya, hingga jajaran Polsek di sekitar Surabaya. Namun, kebanyakan pasukan dari Polda Jatim.

“Banyak dari Polda (Jatim), Polrestabes, dan jajaran polres lainnya,” imbuhnya.

Beredar Ajakan Siswa SMK di Surabaya Ikut Demo

Hasil gambar untuk foto siswa smk surabaya

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Surabaya berencana ikut unjuk rasa di DPRD Jatim Jalan Indrapura, hari ini Kamis (26/9/19). Unjuk rasa ini terkait penolakan rancangan undang-undang kontroversial yang dibahas DPR dan Pemerintah.

Kepala Sekolah SMKN 2 Surabaya Djoko Pratmodjo saat dikonfirmasi detikcom membenarkan adanya ajakan siswanya mengikuti unjuk rasa di DPRD Jatim.

Baca juga: Demo Berujung Ricuh: Kontras Buka Posko Pengaduan Korban Kekerasan

“Memang pesan berantai sudah tahu semuanya. Informasinya dari WhatsApp semua. Antar WhatsApp anak-anak. Terus ada yang ke saya langsung, saya tangani saat itu,” kata Djoko saat dihubungi.

Djoko menjelaskan pihaknya mengaku dilema melarang para siswa untuk mengikuti aksi di DPRD Jatim. Menurutnya, dia khawatir para siswa berbuat hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

“Kalau kita melarang takutnya nanti tambah berat, takut malah ramai. Pada dasarnya kami akan mengarahkan agar tidak terjadi anarkis. Nanti kita akan mengerahkan petugas tatib dan osis untuk mengawasi dari jauh,” ujar Djoko.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of