oleh

Demo Papua Memanas! 1 Anggota TNI Tewas Dan 2 Anggota Brimob Terluka

JAYAPURA, SENAYANEWS.com – Bentrok antara massa dengan aparat TNI-Polri terjadi di Expo Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, pada Senin (23/09/19).

Prajurit Yonif 751/Raider, Praka Zulkifli gugur dalam kerusuhan itu. Praka Zulkifli gugur terkena bacokan massa Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) yang diangkut dari aula Universitas Cenderawasih (Uncen).

“Demo massa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) kembali melakukan penyerangan terhadap aparat. Akibatnya, seorang prajurit Yonif 751/Raider , Praka Zulkifli, yang sedang melaksanakan tugas BKO Polda Papua sebagai pengemudi kendaraan dinas truk pengangkut pasukan menjadi korban pembacokan yang diduga dilakukan oleh massa AMP,” ujar Kapendam Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto dalam keterangan tertulis, Senin (23/09/19).

Baca juga: Wamena Ricuh! Operasional Bandara Dihentikan

Informasinya 1 anggota TNI meninggal, 2 Brimob terluka,” kata Kasubag Humas Polres Jayapura Kota, Iptu Jahja Rumra, saat dihubungi wartawan, Senin (23/09/19).

Dalam keterangan lain, Gubernur Papua Lukas Enembe, mengaku telah mendapat laporan tentang kejadian tersebut dan menyebut adanya korban jiwa dan luka-luka.

“Informasi kejadian ada yang TNI meninggal dan 4 orang terluka. Dari segi masyarakat juga informasi ada korban, kami belum tahu berapa banyak tapi ada luka-luka,” ujarnya di Jayapura.

Namun menurut Jahja, ada yang terkena terkena lemparan batu dari massa. Kerusuhan terjadi sekitar pukul 12.00 WIT saat massa tiba usai dipulangkan polisi karena menduduki aula Uncen.

Baca juga: Ketua Organisasi KNPB Papua, Ditangkap Aparat Gabungan

Sebelumnya, Aparat keamanan dari Brimob BKO Nusantara, Polda Papua, dan Polres Jayapura Kota telah menyekat Jalan Raya Abepura-Padang Bulan tepat di depan kampus Uncen Bawah.

Wakil Kepala Polda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki dan Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano saat ini berada di sekitar Lampu Merah Abepura, di depan Kantor Wilayah Pos Maluku-Papua, untuk melihat situasi terkini Kota Jayapura.

Terkait Situasi keamanan di Jayapura, Papua yang tengah memanas. Sebagian sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di kota tersebut memulangkan siswanya lebih awal lantaran ada demonstrasi mahasiswa.

“Pulang lebih cepat karena adanya aksi demo,” kata Agustina, seorang guru Sekolah Dasar di Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Melani, orang tua murid, mengaku menjemput anaknya ke sekolah. Itu dia lakukan karena khawatir demonstrasi mengganggu keamanan.

“Anak saya sekolah di Abepura, makanya saya langsung jemput saja, menjaga jangan sampai terjebak demo seperti bulan lalu,” katanya.

Situasi keamanan di Papua dan Papua Barat memanas pada Agustus lalu. Kala itu, rentetan aksi unjuk rasa dilakukan di berbagai daerah untuk menyikapi kasus rasialisme di Surabaya, Jawa Timur.

Banyak fasilitas publik yang rusak. Sejauh ini, Kepolisian juga masih belum menarik pasukan tambahan dari Papua yang dikirim berangsur-angsur dari berbagai daerah saat rentetan kerusuhan terjadi.

3
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Demo Papua Memanas! 1 Anggota TNI Tewas Dan 2 Anggota Brimob Terluka […]

trackback

[…] Baca juga: Demo Papua Memanas! 1 Anggota TNI Tewas Dan 2 Anggota Brimob Terluka […]

trackback

[…] Baca juga: Demo Papua Memanas! 1 Anggota TNI Tewas Dan 2 Anggota Brimob Terluka […]