oleh

ESDM Minta Pemilik Kilang Pasang Anti Drone

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Ladang minyak Saudi Aramco di Arab Saudi diserang pemberontak Houthi Yaman Sabtu lalu. Para pemberontak menyerang ladang minyak ini menggunakan pasawat tanpa awak atau drone.

Mengantisipasi hal serupa, Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengimbau agar pemilik kilang memasang peralatan anti drone.

“Kita imbau nanti yang punya kilang minyak, produksi minyak untuk pasang kalau bisa anti drone. Ada kan anti drone,” kata dia Kementerian ESDM Jakarta, Selasa (17/9/19).

Dia menuturkan, dengan anti drone maka pesawat tanpa awak yang melintas akan otomatis mati. Dengan begitu, kilang minyak akan aman.

Harga minyak dunia sendiri terkerek imbas serangan tersebut. Djoko menyebut, Brent saat ini berada di level US$ 67 per barel. Mengikuti harga minyak dunia, harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) akan berada di US$ 62 per barel karena lebih rendah US$ 5.

Menurutnya, ICP sekitar US$ 62 per barel masih dalam perhitungan pemerintah lantaran ICP untuk 2020 yang telah disepakati dengan DPR US$ 63.

“Belum, belum, masih aman mudah-mudahan kembali normal. Kita kan kemarin diketok US$ 63 sekitar itu lah,” tutupnya.

Ladang minyak Saudi Aramco di Arab Saudi diserang pesawat tanpa awak pemberontak Houthi Yaman, Sabtu lalu (14/9/19). Dua titik lokasi menjadi target serangan yakni Fasilitas Khurais yang merupakan ladang minyak utama milik Saudi Aramco dan Fasilitas Abqaiq yang merupakan lokasi pabrik pengolahan minyak terbesar milik Saudi Aramco.

“Kita kan memang impor dari sana kan 110 ribu rata-rata per hari. Kan kapal tidak per hari dikumpulin dulu. Itu yang terganggu 5,7 juta barel per hari kan, sementara produksi Arab Saudi itu kan 13,6 juta, jadi masih ada 7,9 juta,” katanya.

Dia menuturkan, Indonesia hanya memasok sedikit dari Arab. Menurutnya, serangan itu tak mengganggu pasokan minyak Indonesia.

“Ya kita cuma 0,11 juta barel, masih aman,” tambahnya.

Dia juga meyakini, Arab tetap berkomitmen terhadap ekspornya. Di samping itu, pemerintah juga telah mengantisipasi pasokan minyak melalui pembelian minyak dari kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang berproduksi dalam negeri

“Tapi (Arab) yang sudah komitmen dengan negara lain yang diekspor harusnya enggak ada masalah ya. Yang 5,7 kan memang untuk kilang yang kebakar, tapi untuk kita kan tidak dari situ. Tapi, kita untuk antisipasi kita juga bisa membeli bagian KKKS yang ada di sini,” jelasnya.

Sri Mulyani Waspadai Lonjakan Harga Minyak Imbas Serangan di Saudi.

Hasil gambar untuk foto sri mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Pemerintah saat ini tengah memantau situasi yang terjadi di Arab Saudi. Sebab, kejadian kebakaran di pusat produksi di Saudi akan mempengaruhi harga minyak dunia.

Indonesia dan banyak negara lainnya membutuhkan pasokan minyak dari negara tersebut. Kekhawatiran peningkatan harga minyak karena dampak kebakaran kilang juga bisa memangkas 50% produksi.

“Jadi sekarang kita mungkin lebih harus memperhatikan dinamika jangka menengahnya, karena ini mempengaruhi apa yang disebut konstelasi politik dan keamanan di Timur Tengah,” kata Sri Mulyani di gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Psuat, Selasa (17/9/19).

Baca Juga : Presiden Teken Aturan, Usia 40 Dan K2 Usia 35 Bisa Jadi PNS

Adanya pemangkasan produksi yang cukup besar, maka pasokan ke negara importir seperti Indonesia bisa berkurang dan akan mempengaruhi alokasi anggaran subsidi di APBN.

“Kalau dilihat dari APBN, asumsi selama ini kan malah lebih rendah. Kami melihat bahwa, pertama kalau koreksi yang sifatnya jangka pendek mungkin masih bisa. ” jelas dia.

“Yang harus kita perhatikan mungkin lebih kepada dampak jangka menengah panjang. yaitu dinamika stabilitas keamanan dan politik di Timur Tengah. Karena ini biasanya yang selama ini terjadi, ketegangan-ketegangan dan perang itu kan di luar Saudi Arabia, yang merupakan pusat besarnya. Kalau sekarang sudah ada di dalam,” sambungnya.


Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of