oleh

Gudang Garam dan HM Sampoerna, Resah Keputusan Pak Jokowi?

SENAYANEWS.com – Terbakar, saham emiten Roko Tanah Air kembali terbakar di awal pekan ini, Senin (16/09/19). Dua emiten rokok yang paling menjadi korban, yakni PT Gudang Garam Tbk (GGRM) dan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP). 

Sejak perdagangan dimulai, kedua saham tersebut bertengger di posisi dua teratas sebagai saham top losers sekaligus juga menjadi saham dengan capaian net foreign sell paling tinggi pada Senin siang ini.

Baca juga: Jadi Wakil Ketua KPK, Lili Siregar Akan lanjutkan Program Anti Korupsi

Terhitung hingga pukul 10.28 WIB, saham GGRM bertengger di level Rp56.900 per saham, terkoreksi 17,30% dari harga pembukaan yang berada di level Rp59.050 per saham. Beberapa saat lalu, saham GGRM bahkan terbakar hingga amblas ke level Rp54.000 per saham. 

Ambisi pelaku pasar untuk mengeruk keuntungan dari aksi jualan saham GGRM pun tidak main-main. Sejauh ini saja, keuntungan jual bersih yang dibawa lari asing atas saham GGRM nilainya menembus 201,6 miliar.

Sementara itu, koreksi saham HMSP mencapai 16,43%, di mana hal itu membuat harga saham HMSP jatuh dari level Rp2.380 per saham menjadi Rp2.340 per saham. Level tersebut sedikit membaik, di mana beberapa waktu lalu, saham HMSP sempat terperosok hingga level terendah di Rp2.190 per saham.

Baca juga: Jokowi Tegaskan Perkuat KPK Sebagai Lembaga Negara

Pergerakan saham PT Gudang Garam Tbk (GGRM) sontak menjadi perbincangan yang viral di linimasa Twitter Tanah Air. Pasalnya, sekitar pukul 14.00 WIB perdagangan Kamis (12/09/19) kemarin, secara tiba-tiba saham GGRM melompat signifikan hingga menembus level tertinggi di Rp74.800 per saham. 

Padahal, kala pembukaan pasar, saham emiten rokok ini hanya bertengger di harga Rp69.500 per saham. Warganet menilai, lonjakan itu terjadi karena ada broker saham yang ‘salah input’ jumlah lot saham GGRM. 

Anggapan tersebut diperkuat lagi tatkala kurang dari satu jam sejak lompatan harga, saham GGRM langsung amblas signifikan hingga level terendah Rp68.025 per saham atau minus 1,16%. 

Berbagai komentar menggelitik pun dicuitkan oleh warganet. Seorang warganet dengan akun @jaludprstya_ pun mengunggah gambar pergerakan saham GGRM sembari menuliskan komentar, “Buat siapapun mas/mbak dealer yg salah input beli GGRM tadi, kamu yang tabah ya.

Baca juga: Kabareskrim Hadiri Pelantikan Sekjen dan Direktur Penuntutan KPK

Hasil gambar untuk foto bersama gedung pt sampoerna dan gudang garam
View image on Twitter

seorang warganet dengan akun @BianCook memberi komentar bernada sarkasme yang berbunyi,

“#IHSG luar biasa saham sekelas GGRM pun dogoreng.”.Saking viralnya, kasus GGRM ini pun bertengger di posisi 20 dari daftar trending topic di Twitter pada Kamis malam. 

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Gudang Garam dan HM Sampoerna, Resah Keputusan Pak Jokowi? […]