oleh

Gunung di Luar Bumi Ini Bakal Meletus dalam Waktu Dekat

JAKARTA, SENAYANEWS.comIlmuwan memperkirakan gunung Loki Patera itu akan meletus pada September atau oktober.

Dahsyat! Gunung di Luar Bumi Ini Bakal Meletus dalam Waktu Dekat!. (FOTO: NASA/JPL/USGS)

Gunung berapi paling kuat di Tata surya yang terletak di Io, bulan milik Jupiter, meletus dengan interval luar biasa, menurut penelitian. Bahkan, tim ilmuwan memperkirakan gunung bernama Loki Patera itu akan meletus pada September atau oktober berdasarkan analisis tren masa lalu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters.

“Loki merupakan gunung berapi terbesar dan terkuat di Io. Warnanya sangat terang dalam infra merah sehingga kita dapat mendeteksinya menggunakan teleskop di Bumi,” kata Penulis Utama Penelitian dari Universitas Redlands, Julie Rathbun, dilansir dari NewsWeek (19/9/19).

Ia mengatakan, pada 1990-an, interval antara letusan ada di kisaran 540 hari, tetapi sekarang angkanya diprediksi memendek menjadi setiap 475 hari.

Baca Juga : Acara Apple Event 10 September 2019 Live Streaming

“Jika karakteristik itu tetap sama, Loki akan meletus pada September atau oktober 2019,” kata Rathburn, lalu menambahkan, “kami benar ketika memprediksi letusan terakhir akan terjadi pada Mei 2018.”

Dengan menganalisis lebih dari satu dekade data, para ilmuwan menemukan, gunung itu mengalami aktivitas vulkanik terus menerus. Faktanya, penelitian telah menunjukkan, letusan terjadi pada interval yang relatif teratur.

Rathbun memaparkan, “Banyak hal memengaruhi letusan Gunung berapi, termasuk tingkat pasokan magma, komposisi magma (khususnya keberadaan gelembung di magma), jenis batu yang diduduki gunung berapi.

Ada Objek Asing Masuk ke Tata Surya Matahari? Waduh!

Hasil gambar untuk foto Ada Objek Asing Masuk ke Tata Surya Matahari

Para ilmuan menduga kuat hal itu. Untuk saat ini, agaknya objek itu dikenal sebagai komet C/2019 Q4 (Borisov) atau (gb00234) dan tergolong sebagai interstellar, bukan batu dari dalam tata surya.

Para astronom melihat objek asing kedua yang melewati sistem Tata surya, yang diduga berasal dari sistem bintang lain. Bahkan, objek itu dapat terbang mendekati Mars pada Oktober mendatang. 

Baca Juga : 80 Juta Unit iPhone 11 Siap Diluncurkan oleh Apple

“Ini sangat menarik, membuat kami berpaling dari semua proyek lainnya,” ujar Astronom dari European Southern Observatory, Olivier Hainaut kepada Business Insider, dilansir Kamis (12/9/19).

Objek interstellar pertama yang pernah dideteksi oleh ilmuan, ‘Oumuamua, masuk ke dalam tata surya pada 2017. Bedanya, para ilmuan saat ini sudah lebih siap meneliti objek yang baru.

Hainaut yang juga mempelajari ‘Oumuamua itu berujar, “Sekarang para astronom jauh lebih siap.”

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of