oleh

Indonesia Jadi Destinasi Wisata Belanja Setelah Berlakukan Kebijakan VAT Refund

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Ekonom dari Institut for Development on Economic and Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara, seperti dilansir Senayanews.com, mengingatkan perlunya mengoptimalkan penerapan kebijakan VAT Refund pada konter-konter pengembalian PPN dan menambah toko yang bekerja sama.

Baca Juga : Turis Asing Mudah ‘Refund’ PPN Barang Belanjaan Mulai 1 Oktober 2019

Dengan adanya kemudahan pengembalian PPN barang belanjaan bagi turis asing ini, maka diharapkan banyak wisatawan asing yang berbelanja di Indonesia. Sehingga sektor retail di Tanah Air bisa meningkat.

Thailand sebagai contoh sebagai titik VAT Refund tidak hanya di tempat wisata, tapi juga di toko-toko di daerah. Menurut dia, jumlah VAT Refund di Indonesia idealnya 15.800 titik VAT Refund mengingat jumlah wisatawan mancanegara mencapai 15,8 juta orang.

Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata, Didien Junaedi, menyatakan kebijakan baru pengembalian PPN turis asing ini akan membuat Indonesia jadi tujuan wisata belanja seperti negara-negara lain. “Indonesia bisa bersaing dan mengalahkan Singapura, Hong Kong, dan Thailand, yang menjadi tempat wisata belanja,”.

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga : Indonesia Jadi Destinasi Wisata Belanja Setelah Berlakukan Kebijakan VAT Refund […]

trackback

[…] Baca juga : Indonesia Jadi Destinasi Wisata Belanja Setelah Berlakukan Kebijakan VAT Refund […]