oleh

Jokowi Tegaskan Perkuat KPK Sebagai Lembaga Negara

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) lagi-lagi menegaskan keinginannya memperkuat KPK. Jokowi lantas mengingatkan posisi KPK sebagai lembaga negara.

“Jadi bisa saya sampaikan KPK itu lembaga negara, institusi negara. Jadi bijaklah dalam kita bernegara,” ujar Jokowi kepada wartawan di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (16/09/19).

Menurut Jokowi, pemerintah sedang memperjuangkan substansi dalam revisi UU KPK. Jokowi menegaskan tekad pemerintah memperkuat KPK.

“Saat ini pemerintah sedang bertarung memperjuangkan substansi-substansi yang ada di revisi UU KPK yang diinisiasi oleh DPR seperti yang sudah saya sampaikan beberapa waktu yang lalu,” Kata Jokowi Pada wartawan.

Baca juga: Kabareskrim Hadiri Pelantikan Sekjen dan Direktur Penuntutan KPK

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyerahkan tanggung jawab pengelolaan KPK kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Setelah kami pertimbangkan maka kami pimpinan yang merupakan penanggung jawab KPK dengan berat hati pada Jumat ini, kami menyerahkan pengelolaan KPK kepada Presiden,” kata Agus saat konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Jumat lalu, (13/09/19).

Agus menyatakan saat ini pihaknya menunggu perintah dari presiden terkait apakah pihaknya masih akan dipercaya memegang tanggung jawab di KPK hingga Desember.

Baca juga: Penyerahan Mandat Pimpinan KPK

“Kami tunggu perintah itu dan kemudian akan operasional seperti biasa kami tunggu perintah itu, mudah-mudahan kami diajak presiden bicara terkait kegelisahan kami,” papar Agus.

Sementara itu, KPK masih menunggu sikap Jokowi demi menyelamatkan pemberantasan korupsi. Di sisi lain, KPK memastikan tidak akan berhenti bekerja meski ada 3 pimpinannya yang menyerahkan mandat kepada Jokowi.

“KPK percaya Presiden akan mengambil tindakan penyelamatan dan tidak akan membiarkan KPK lumpuh, apalagi mati,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (16/09/19)

Aturan tentang posisi pimpinan KPK, menurut Jokowi, hanya soal pengunduran diri. “Meninggal dunia ada, terkena tindak pidana korupsi, iya. Tapi yang namanya mengembalikan mandat tidak ada,” sambungnya.

3
Leave a Reply

avatar
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Jokowi Tegaskan Perkuat KPK Sebagai Lembaga Negara […]

trackback

[…] Baca juga: Jokowi Tegaskan Perkuat KPK Sebagai Lembaga Negara […]

trackback

[…] Baca juga: Jokowi Tegaskan Perkuat KPK Sebagai Lembaga Negara […]