oleh

Kata Mahfud Md, Jokowi Pertimbangkan Perppu KPK

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfid Md, bersama sejumlah tokoh bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas sejumlah isu, termasuk kontroversi UU KPK yang baru. Mahfud dkk mengusulkan tiga opsi ke Jokowi terkait polemik itu.

“Kemudian khusus untuk KPK, tadi mendiskusikan beberapa opsi UU itu rancangan UU KPK sudah disahkan melalui prosedur konstitusional yang sah tetapi masih bermasalah ternyata tidak cocok atau tidak berkesesuaian dengan kehendak masyarakat pada umumnya yang diekspresikan oleh kampus-kampus, ribuan dosen, ratusan guru besar, kemudian puluhan ribu mahasiswa gerakan civil society dan sebagainya menyatakan bahwa itu belum bisa untuk diterapkan di tengah-tengah masyarakat,” kata Mahfud di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/19).

Baca juga: Bamsoet Jenguk Mahasiswa Korban Kekerasan Pasca Demo DPR

Mahfud mengatakan polemik mengenai UU KPK yang baru itu bisa diselesaikan lewat jalur legislative review. Selain itu, pihak yang tak setuju UU KPK baru bisa mengajukan gugatan ke MK.

Jokowi mengaku akan mempertimbangkan masukan para tokoh mengenai penerbitan perppu. Dia akan mempertimbangkan segala aspek termasuk aspek politik.

“Ketiga berkaitan UU KPK yang sudah disahkan oleh DPR, banyak sekali masukan-masukan juga yang diberikan kepada kita, utamanya memang masukan itu berupa penerbitan perppu tentu saja ni akan kita segera hitung dan kalkulasi dan nanti setelah kita putuskan akan juga kami sampaikan kepada para senior dan guru-guru yang hadir para senior,” ujar dia.

Jokowi Pertimbangkan Keluarkan Perppu KPK, Zulkifli: Hak Presiden

Hasil gambar untuk foto zulkifli hasan

Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai penerbitan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) untuk mencabut UU KPK adalah hak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Zulkifli meminta semua pihak menghormati pertimbangan Jokowi.

“Saya kira itu haknya Presiden, tentu harus dihormati semua pihak,” kata Zulkifli di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/19).

Baca juga: Demo Berujung Ricuh: Kontras Buka Posko Pengaduan Korban Kekerasan

Zulkifli juga menyinggung soal aksi mahasiswa yang salah satunya menuntut penerbitan Perppu tersebut. Ia yakin aspirasi mahasiswa akan direspons secara positif oleh pemerintah dan DPR.

“Dan sekali lagi saya mengatakan pastilah adik-adik mahasiswa, pelajar yamg menyampaikan aspirasinya pasti akan ada respons dari DPR dan pemerintah. Kita tunggu saja,” ujar Zulkifli.

2
Leave a Reply

avatar
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Partai NasDem mendorong kader perempuan mereka untuk menduduki kursi pimpinan MPR. NasDem bakal mengajukan nama Lestari Moerdijat atau Ririe untuk mengisi jabatan tersebut. […]

trackback

[…] Baca juga: Kata Mahfud Md, Jokowi Pertimbangkan Perppu KPK […]