oleh

Kenangan BJ Habibie Bersama Sang Kakek di Purworejo

JAKARTA, SENAYANEWS.com – Jejak kenangan antara almarhum Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, dengan kakek buyutnya, dr Tjitrowardojo di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Pada 26 September 2015, BJ Habibie secara langsung meresmikan pergantian nama RSUD Saras Husada Purworejo menjadi RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo.

Baca juga: Jenazah BJ habibie Di Berangkatkan Ke TMP Kalibata

Nama Tjitrowardojo disematkan menjadi nama rumah sakit terluas di daerah Jateng selatan sebagai upaya mendokumentasikan sejarah dan jasa-jasa besar dokter pribumi pertama di Indonesia. Tokoh yang bernama lengkap dr Raden Ngabehi Tjitrowardojo, salah satu putra terbaik asli Purworejo. Menurut sejarah, Tjitrowardojo juga merupakan cucu dari Hamengku Buwono IV.

“Kiprah kakek buyut Presiden ke-3 RI, Prof Dr BJ Habibie, yakni dr Tjitrowardojo sangat merepresentasikan cita-cita besar RSUD Purworejo yang menyinergikan antara konsep pelayanan dan pendidikan kesehatan. Beliau adalah dokter pertama di Indonesia yang merupakan putra asli Purworejo, untuk itu nama beliau kemudian kami gunakan sebagai nama RSUD yang dulunya bernama RSUD Saras Husada Purworejo,” kata Direktur RSUD dr Tjitrowardojo Purworejo, Gustanul Arifin, Kamis (12/9/19).

Baca juga: BJ Habibie Wafat: Sejumlah Tokoh Politik Ucapkan Belasungkawa

Nama besar kakek buyut BJ Habibie yang digunakan menjadi nama rumah sakit tipe B itu menjadi kebanggaan tersendiri, terlebih penyematan nama diresmikan langsung oleh BJ Habibie. ” ucap Gustanul menirukan ucapan Habibie kala itu.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of