oleh

Ketua Organisasi KNPB Papua, Ditangkap Aparat Gabungan

JAYAPURA, SENAYANEWS.com – Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Agus Kossay, ditangkap tim gabungan Polda Papua. Agus yang berstatus tersangka diduga sebagai dalang kerusuhan di Jayapura pada 29 Agustus 2019 lalu.

.”Dia ditangkap di kawasan Hawaii, Sentani, Selasa kemarin,(17/09/19) sekitar pukul 18.00 oleh tim gabungan,” katar Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja, di Mapolda Papua, Rabu (18/09/19).

Menurut Rudolf, Agus Kossay, sebelum ditangkap, telah ditetapkan sebagai tersangka dan masuk ke daftar pencarian orang (DPO).

“Karena dia adalah DPO, kemudian mereka menggunakan sepeda motor hasil curian,” katanya.

Baca juga: Poin Ke-8 Aspirasi Tak Dibaca di Depan Jokowi, Ini Penjelasan Tokoh Papua

Terkait hal tertangkapnya Agus Kossay, juru bicara Internasional KNPB Victor Yeimo membenarkan bahwa ketuanya telah ditangkap polisi. kepada wartawan, Agus mengungkapkan,bahwa Agus sudah dibuntuti aparat beberapa waktu belakangan.

“Benar dia ditangkap jam 6 sore Selasa kemarin di Hawai, Sentani. Dia dibuntuti,” kata Victor saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Dalam keterangan lebih lanjut, Victor mengatakan, Agus ditangkap bersama seorang temannya saat mengendarai sepeda motor. Dia juga menyebut penangkapan ini sebagai bentuk kriminalisasi terhadap aktivis Papua.

“Ini upaya pengalihan dari Polri untuk menutupi kasus rasisme mahasiswa Papua,” ujarnya.

Baca juga: Terkait Masalah Papua Dan Papua Barat: Ma’ruf Amin Bertemu Para pendeta

Belakangan ini, kata Victor, Agus memang memimpin demonstrasi merespons tindakan rasisme yang dialami mahasiswa Papua di Jawa Timur. Dia mengklaim KNPB kerap memediasi aksi damai bersama mahasiswa dan rakyat di Papua.

Victor mengatakan, penangkapan Agus ini, aparat kepolisian telah menangkap puluhan aktivis KNPB lainnya di sejumlah daerah, seperti di Timika, Nabire, Paniai, dan Jayapura.

“Perintah Kapolri memang tangkap semua pimpinan KNPB. Kami sebut ini kriminalisasi,” ujarnya.

“Kami bilang Tito (Kapolri) dan Kapolda, berhentilah! Bukan saatnya Papua dihadapi dengan penangkapan. Penangkapan tidak akan membuat KNPB berhenti serukan kemerdekaan Papua,” Papar Victor.

Selain mengamankan Agus Kossay, tim gabungan juga menangkap Dony Itlay yang merupakan anggota KNPB dan yang membawa kendaraan roda dua tersebut.

“Sama dari anggota KNPB juga, dia terlibat dalam aksi-aksi yang kemarin,” ucap Rudolf. Proses penegakan hukum kasus kerusuhan Jayapura, tegas Rodja.

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian Sebelumnya menyebutkan ada sejumlah organisasi yang melatarbelakangi kerusuhan di Papua dan Papua Barat. Dua di antaranya adalah United Liberation Movement for West Papua ( ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat ( KNPB).

“ULMWP dan KNPB bertanggung jawab atas kejadian ini. Mereka yang produksi hoaks itu,” ujar Tito saat berkunjung ke Jayapura, Papua.

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Ketua Organisasi KNPB Papua, Ditangkap Aparat Gabungan […]