oleh

Pelabuhan Bajo Bakal Ditata, Kapal Kargo dan Pesiar Dipisah

Hasil gambar untuk foto pelabuhan labuan bajo

SENAYANEWS.com – Pemerintah sedang gencar menata daerah yang menjadi tujuan wisata, salah satunya adalah Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT). Saat ini pelabuhan di sana belum tertata rapi karena terminal penumpang dan barang atau kargo masih membaur.

“Kan ada campur kontainer di situ tuh. Kan kontainer numpuk tuh di pelabuhan toh. Nah itu harus dipisah. Jadi punya dermaga khusus yang untuk barang, yang untuk kontainer,” kata Kepala BPIW Kementerian PUPR Hadi Sucahyono di Labuan Bajo, NTT, Jumat (26/9/19).

Baca juga : KAHMIPreneur Merespon Positif Kritikan Jokowi Dalam Proses Legislasi

Dia mengatakan penataan akan dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sedangkan infrastruktur penunjangnya dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Jadi nanti akan dibuatkan pelabuhan tersendiri untuk kargo. Di (Kementerian) Perhubungan, DED-nya (detail engineering design) di (Kementerian) Perhubungan, fisiknya di Perhubungan,” sebutnya.

Nanti Kementerian PUPR akan melakukan penataan di kawasan sekitar pelabuhan, yaitu di Kampung Ujung.

“Terus masuk ke dalam kita penataan lagi tuh yang di sekitar Kampung Ujung namanya itu kan,” tambahnya.

Butuh Rp 4,6 Triliun Bangun 5 Destinasi Wisata Super Prioritas RI

Hasil gambar untuk foto menteri pupr

Kemenhub dan PURR menyiapkan anggaran sebesar RP 4,6 triliun pada tahun 2019-2020 untuk mengembangkan 5 Kawasan Pariwisata Super Prioritas. Anggaran sebesar Rp 4,6 triliun itu terdiri dari anggaran Kemenhub sebesar Rp 2,9 triliun, dan anggaran Kementerian PUPR sebesar Rp 1,7 triliun.

Baca juga : KAHMIPreneur Desak POLRI Lindungi Pedagang dan Pusat Ekonomi di Papua

Sedangkan untuk kelima KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) Super Prioritas yang dimaksud adalah Danau Toba (Sumut), Borobudur Joglosemar (Jateng), Mandalika Lombok (NTB), Komodo, Labuan Bajo (NTT), dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Likupang, Sulawesi Utara.

“Dari total Rp 2,953 triliun, Kemenhub mengalokasikan sebesar Rp 353,99 miliar pada tahun 2019 dan Rp 2,6 triliun pada tahun 2020, untuk mengembangkan kelima destinasi pariwisata super prioritas tersebut,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata di Jakarta, Selasa (10/9/19).



4
Leave a Reply

avatar
4 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] Baca juga: Pelabuhan Bajo Bakal Ditata, Kapal Kargo dan Pesiar Dipisah […]

trackback

[…] SENAYANEWS.com – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Maluku menetapkan Sekolah Madrasah Tsanawiah dan Madrasah Ibtidaiyah di Kampung KB Ohoi Dian Pulau Maluku Tenggara sebagai Sekolah Siaga Kependudukan. […]

trackback

[…] JAKARTA, SENAYANEWS.com – Gerindra mengkritik penangkapan Ananda Badudu dan Dandhy Dwi Laksono oleh polisi. Menurut Gerindra, apa yang mereka sampaikan soal masalah hukum di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama kampanye benar terjadi. […]

trackback

[…] JAKARTA,SENAYANEWS.com – Bambang Soesatyo (Bamsoet) resmi menjadi Ketua MPR periode 2019-2024. Bamsoet terpilih secara aklamasi. […]